Kamis 12 Aug 2021 22:19 WIB

Apa Penyebab Sindrom Peradangan Multisistem Covid-19 Anak?

Sindrom peradangan multisistem mengusik anak-anak yang positif Covid-19.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Lesi ungu sangat mirip dengan cacar air, campak, atau bengkak akibat kedinginan dihubungkan dengan sindrom peradangan multisistem pada anak yang positif Covid-19.
Foto:

Mount Sinai Hospital and School of Medicine menyebut temuan ini sebagai langkah penting dalam menyediakan bidang penelitian dengan jalur eksplorasi baru yang melibatkan jaringan kompleks gen dan subjaringannya. Pernyataan itu dipublikasikan di EurekAlert pada Rabu.

Selain itu, Beckmann menemukan sembilan pengatur utama jaringan ini yang diketahui memiliki hubungan dengan sel NK dan fungsi sel T CD8+ yang kewalahan. Menurutnya, salah satu regulator, yakni TBX21, berfungsi sebagai target terapeutik yang menjanjikan karena perannya sebagai koordinator utama transisi sel T CD8+ dari efektif menjadi kewalahan.

MIS-C dapat menyebabkan peradangan pada satu atau lebih sistem organ, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, saluran pencernaan, otak dan kulit. Berdasarkan data CDC pada 30 Juli 2021, ada lebih dari 4.400 kasus MIS-C yang dilaporkan dan setidaknya 37 kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement