Kamis 12 Aug 2021 08:07 WIB

Sayur dan Buah Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak

Senyawa flavonoid dalam sayur dan buah dapat cegah orang jadi pelupa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Diet sehat (Ilustrasi). Jangan lupa sertakan sayuran dan buah dalam makanan sehari-hari.
Foto:

Derajat penurunan kognitif subjektif dinilai dengan menggunakan jawaban "ya" atau "tidak" untuk tujuh pertanyaan. Berikut adalah ketujuh pertanyaan tersebut: apakah Anda mengalami kesulitan mengingat kejadian baru-baru ini, mengingat hal-hal dari satu detik ke detik berikutnya, mengingat daftar singkat barang, mengikuti instruksi lisan, mengikuti percakapan kelompok, atau mengingat jalan di area yang sudah familier, dan apakah Anda memperhatikan perubahan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu.

photo
Jus Sayur di Hari Lebaran - (Republika)

Hasil, peneliti menemukan, semakin tinggi asupan flavonoid, semakin sedikit jawaban "ya" untuk pertanyaan tersebut. Dibandingkan dengan seperlima dari mereka dengan asupan flavonoid terendah, seperlima dengan asupan flavonoid tertinggi lebih kecil kemungkinannya untuk melaporkan kelupaan atau kebingungan.

Menurut penulis senior, Dr Deborah Blacker, seorang profesor epidemiologi di Harvard TH Chan School of Public Health, temuan jangka panjang ini menunjukkan bahwa memulai diet kaya flavonoid sejak dini mungkin penting untuk kesehatan otak. Ia menyebut, temuan studi ini bermanfaat bagi kaum muda dan mereka yang berusia paruh baya.

"Temukan strategi dan cara bagaimana supaya Anda bisa bersemangat mengonsumsi buah dan sayur, mungkin dengan cara memasak yang tak biasa, atau mungkin dengan memilih buah dan sayur yang masih segar untuk disantap," kata Blacker seperti dilansir dari Indian Express, Kamis (12/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement