Selasa 10 Aug 2021 05:28 WIB

Mengenal 61 Cygni, Bintang Terbang di Langit Malam

61 Cygni bergerak seperti bergeser posisi di langit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
61 Cygni.
Foto:

61 Cygni dalam Sejarah

Meskipun besar dibandingkan dengan bintang lain, pergerakan bintang ini tidak mudah dideteksi dengan mata telanjang. Dengan munculnya teleskop dan melalui pengamatan yang cermat, para astronom menemukan gerakan bintang yang tepat.

Pada 1792, Astronom Giuseppe Piazzi memperhatikan 61 Cygni memiliki gerak diri yang tinggi ketika ia membandingkan pengamatannya dengan pengamatan yang dilakukan oleh astronom lain 40 tahun sebelumnya. Pada 1804, Piazzi  telah mengumpulkan cukup informasi untuk menjadi orang pertama yang mempublikasikan tentang bintang luar biasa yang dia juluki Bintang Terbang.

Piazzi dengan tepat mencatat gerakan tepat yang tinggi ini menunjukkan 61 Cygni adalah bintang terdekat dan pengukuran paralaks dapat digunakan untuk mengetahui jaraknya. Astronom Jerman F. W. Bessel adalah orang pertama yang mendapatkan pengukuran andal dari 61 paralaks bintang Cygni yang memberikan jarak 10,4 tahun cahaya, yang cukup dekat dengan jarak sebenarnya yang kita kenal sekarang, 11,4 tahun cahaya. Ini juga pertama kalinya jarak bintang diukur dengan andal.

Cara Melihat 61 Cygni

61 Cygni kira-kira berada di tengah antara dua bintang lain yang mungkin bisa Anda identifikasi. Yang paling terang adalah Deneb, bintang paling terang di konstelasi Cygnus. Bintang lainnya adalah Zeta Cygni.

 

Anda akan menemukan 61 Cygni di antara keduanya. Beberapa bintang redup serupa lainnya terletak di dekatnya, jadi Anda memerlukan bahan bintang pencari terperinci untuk mengidentifikasi 61 Cygni dengan benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement