Ahad 08 Aug 2021 16:08 WIB

Apa Pemicu Kebakaran Hutan dan Lahan Hebat di Eropa?

Kebakaran di seluruh Eropa sekitar 55 persen lebih tinggi dibandingkan 12 tahun lalu.

 Helikopter menjatuhkan air di atas api di daerah Varibobi, Athena utara, Yunani, Rabu, 4 Agustus 2021. Pesawat pemadam kebakaran melanjutkan operasi pada Rabu cahaya pertama untuk mengatasi kebakaran hutan besar di pinggiran utara Athena yang melaju ke daerah pemukiman hari sebelumnya, memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka di tengah gelombang panas terburuk Yunani dalam beberapa dekade.
Foto:

Apa dampaknya bagi iklim?

Secara global, kebakaran hutan bertanggung jawab atas emisi gas rumah kaca yang signifikan dan untuk 5-8 persen dari 3,3 juta kematian dini tahunan adalah akibat kualitas udara yang buruk, demikian menurut LSM iklim, Carbon Brief. Namun, emisi karbon dari kebakaran hutan telah menurun dalam beberapa dekade terakhir. Ini berkat pencegahan kebakaran yang lebih baik.

Masalah yang tersisa adalah keparahan atau intensitas kebakaran yang memiliki efek lebih luas pada penyerapan karbon karena hutan terbakar sangat parah sehingga tidak tumbuh kembali.

Pada tahun 2017, emisi CO2 dari kebakaran hutan ekstrem di Eropa barat (yaitu Semenanjung Iberia, Prancis selatan, dan Italia) adalah yang tertinggi setidaknya sejak tahun 2003, mencapai sekitar 37 teragram CO2.

Untuk menempatkan angka ini dalam konteksnya, kebakaran hutan yang sangat besar di Semenanjung Iberia dan pantai Mediterania pada tahun 2003, menyumbang tingkat emisi antropogenik yang sama dengan semua emisi Eropa barat digabungkan.

Dan jika intensitas kebakaran hutan membunuh hamparan hutan yang signifikan pada tahun 2021, hilangnya kapasitas penyerap karbon ini, bisa punya efek lebih merusak bagi iklim.

 

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/empat-faktor-pemicu-kebakaran-hutan-dan-lahan-hebat-di-eropa/a-58776051

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement