Kamis 05 Aug 2021 10:14 WIB

Sprakebüll, Desa di Jerman Buat Solusi Energi Terbarukan

Desa Sprakebüll terkenal karena penggunaan energi bersihnya.

Energi terbarukan/ilustrasi.
Foto:

 

Inovasi mencegah eksodus dari pedesaan

Pada tahun 1960-an, Sprakebüll memiliki 26 peternakan, namun saat ini hanya tersisa tiga. "Tanpa sumber energi terbarukan, kami akan menjadi wilayah yang sangat miskin,” kata Walikota Nissen.

Dia mengatakan lebih lanjut, kasus seperti ini telah terjadi di sebuah desa berjarak 15 kilometer ke utara, di negara tetangga Denmark.

“Pengembangan energi alternatif di Denmark tidak sepesat di sini. Jika berkunjung ke sana, kita akan melihat betapa sepinya desa-desa di sana. Pertanian merosot, sama seperti di sini. Dan tidak ada hal lain lagi di sana,” kata Nissen.

"Dan tanpa wirausahawan inovatif seperti Andresens, yang mempekerjakan 30 orang, mungkin akan terjadi eksodus besar dari pedesaan, juga di sini”, tegas Walikota Nissen.

Putranya, Christian, menegaskan, “Saya, misalnya, tidak akan berada di sini.”

Insinyur pertanian berusia 42 tahun ini bergabung dengan perusahaan ayahnya pada tahun 2007. Perusahaan tersebut membangun pembangkit listrik tenaga surya, mengelola ladang energi angin dan energi surya, serta membantu petani melakukan transisi dalam menggunakan robot-robot pertanian yang digerakkan energi surya.

“Banyak pengetahuan dan kemampuan berinovasi telah muncul di sini dan sedang dikembangkan lebih lanjut, dan solusi baru sedang dicari untuk kegiatan apa yang dapat dilakukan dengan listrik yang kami produksi,” kata Christian.

“Hal yang sama berlaku untuk proyek hidrogen yang sukses di Haurup yang berjarak 20 kilometer dari sini. Hidrogen diproduksi di Haurup dengan menggunakan elektrolisis yang energinya dipasok pembangkit listrik tenega angin. Produknya kemudian disalurkan ke jaringan pipa gas alam.

Andersen meyakini, planet bumi dapat sepenuhnya digerakkan menggunakan energi terbarukan pada tahun 2030. Sprakebüll adalah bukti nyata bahwa hal itu akan terjadi jauh lebih cepat daripada yang diyakini oleh orang-orang saat ini.

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/sprakeb%C3%BCll-desa-pionir-energi-terbarukan-di-jerman/a-58743604

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement