Kamis 05 Aug 2021 10:14 WIB

Sprakebüll, Desa di Jerman Buat Solusi Energi Terbarukan

Desa Sprakebüll terkenal karena penggunaan energi bersihnya.

Energi terbarukan/ilustrasi.
Foto:

Komitmen dan investasi untuk energi bersih

Komunitas energi angin pertama di desa ini beroperasi pada tahun 1998. Penduduk desa dan para petani menggalang modal bersama.

Tanpa investasi serta jaminan dalam bentuk hipotek rumah-rumah mereka, mustahil bagi bank untuk memberikan pinjaman sebesar sekitar  Rp 126 milyar  untuk membangun lima turbin angin pada saat itu, demikian ujar salah satu penggagas ide Hans-Christian Andersen, yang kini berusia 73 tahun.

Pinjaman bank untuk proyek-proyek seperti ini, sekarang tidak lagi jadi masalah. Para penduduk dari komunitas masing-masing sangat senang untuk berkontribusi pada pembangunan taman energi angin baru.

Dua taman sel surya juga telah dibangun di Sprakebüll dengan penyertaan modal publik. Banyak warga di sini juga memasang modul sel surya di rumah mereka sendiri.

Sprakebüll memproduksi energi sekitar 50 kali lebih banyak,, dibanding dengan yang digunakan. Biogas, bukan minyak, telah digunakan oleh penduduk desa untuk menghangatkan rumah mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Semua rumah di desa terhubung dengan jaringan pemanas sejak tahun 2013. Panasnya diproduksi di pabrik di sebelah toko milik Johannsen, dan biogasnya dipasok dari peternakan melalui pipa.

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement