Ahad 25 Jul 2021 14:01 WIB

 Asteroid Seukuran Piramida Giza Terbang Dekat Bumi

Asteroid berada pada jarak 20 kali jarak Bumi dan Bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Asteroid. Ilustrasi
Foto: .
Asteroid. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --  Sebuah asteroid seukuran Piramida Giza akan terbang di dekat Bumi pada Ahad (25/7). Menurut Jet Propulsion Laboratory NASA, jarak tersebut dapat digambarkan sebagai pendekatan yang relatif “dekat”.

Dijuluki 2008 GO20, ukuran asteroid belum ditentukan secara pasti, tetapi perkiraan menempatkannya antara 97 hingga 220 meter atau 318 hingga 720 kaki.

Baca Juga

Dilansir dari The Jerusalem Post, Ahad (25/7), Piramida Agung Giza di Mesir dianggap sebagai prestasi arsitektur yang monumental dan memiliki ketinggian 138 meter atau 450 kaki. Itu juga bisa secara eksponensial lebih besar dari Taj Mahal yang ikonik di India yang tingginya 73 meter atau 240 kaki.

Karena terbang begitu dekat dengan Bumi (sekitar 2,8 juta mil atau 4,5 juta kilometer), asteroid dianggap berpotensi berbahaya. Namun, ini bukan risiko yang signifikan dengan jarak sebenarnya hampir 20 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Pada kenyataannya, Bumi dianggap benar-benar aman dari bahaya asteroid untuk abad berikutnya, menurut NASA. Faktanya, asteroid sering terbang agak dekat planet ini. Pada 31 Juli, asteroid lain, yang dijuluki 2019 YM6 juga akan mendekati planet ini.

Ukurannya bahkan lebih besar dari  2008 GO20, meskipun akan lebih jauh lagi. Namun, masih ada potensi bahaya, karena tarikan gravitasi berpotensi mengubah jalur objek. Dengan ukuran yang begitu besar dan terbang dengan kecepatan sekitar 18.000 mil per jam atau 29.000 kilometer per jam, asteroid itu pasti bisa melakukan beberapa kerusakan jika menabrak planet ini.

Bahaya dampak asteroid tetap menjadi salah satu bencana alam terburuk yang mungkin terjadi di planet ini, karena umat manusia tidak memiliki banyak cara untuk memeranginya. Salah satu metode yang diajukan oleh NASA dan Lab Fisika Terapan di Universitas John Hopkins adalah Misi Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART), yang akan melihat pesawat ruang angkasa pada dasarnya “meninjau” asteroid untuk membelokkan lintasannya.

 

Terlepas dari itu, NASA dan organisasi lain terus mengawasi langit untuk setiap asteroid dan mendekati planet ini, termasuk penggunaan teleskop khusus “pemburu asteroid”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement