Ahad 06 Jun 2021 17:54 WIB

Google Umumkan Perubahan Mengenai Pelacakan Iklan di Android

ID Iklan dihapus saat pengguna memilih tak ikut personalisasi menggunakan ID Iklan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
(Foto: ilustrasi Google). Google telah mengumumkan perubahan cara menangani pengenal perangkat unik yang memungkinkan pemasar melacak pengguna di Android.
Foto:

Tindakan Google datang hanya beberapa bulan setelah Apple memperkenalkan kebijakan Transparansi Pelacakan Aplikasi di iOS 14.5. Tentu saja, sebelum iOS 14.5, pengguna iPhone masih dapat memilih keluar dari pelacak iklan. Namun, dengan pembaruan ini, Apple membuat opsi itu jauh lebih jelas, membuat aplikasi mengirimkan permintaan kepada pengguna yang meminta izin melacak data mereka untuk tujuan periklanan.

Jika pengguna memilihkan ‘Izinkan’, pada dasarnya tidak ada yang berbeda dari sebelumnya. Tetapi jika pengguna memilih ‘Ask App Not to Track’, itu mencegah pengembang aplikasi melacak pengguna melalui aplikasi. Pengguna mungkin pernah mendengar tentang ini ketika Facebook membuat keributan tentang hal itu, mengklaim bahwa ini akan merugikan situs web yang mengandalkan iklan bertarget; mungkin juga penting untuk dicatat bahwa hal itu berpotensi merugikan sebagian dari pendapatan iklan Facebook juga.

Kembali ke pembaruan Google, pembaruan baru akan datang dalam beberapa fase, dengan perangkat Android 12 mendapatkannya paling awal, dengan tanggal kedatangan yang diharapkan ‘akhir 2021’. Adapun orang lain dengan Android, pengguna harus mendapatkan pembaruan ini pada awal tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement