REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Penelitian dari Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) di Swiss menemukan bahwa, Twitter Trends memungkinkan untuk dimanipulasi. Temuan ini membuktikan, untuk pertama kalinya, bahwa banyak tren diciptakan semata-mata oleh bot yang mengeksploitasi kerentanan dalam algoritme Twitter.
Dilansir di Malay Mail, Ahad (6/6), alat Twitter Trends adalah jendela hebat ke topik sehari-hari yang terbukti populer di kalangan pengguna web pada waktu tertentu. Kadang-kadang digunakan oleh media untuk melaporkan signifikansi atau bahkan keberadaan suatu topik atau fenomena sosial.
Untuk jejaring sosial, ini juga merupakan salah satu vektor utama untuk meningkatkan keterlibatan dan dengan demikian menciptakan model bisnis yang layak. Memang, Twitter Trends terkadang dapat digunakan sebagai saluran iklan.
Twitter bahkan memanfaatkan ini dengan menagih perusahaan untuk promosi merek di Trends selama sehari. Pengguna, di sisi lain, ingin Trends menjadi hasil dari aktivitas asli.
Untuk mengidentifikasi topik yang sedang tren (yaitu topik yang paling banyak dikomentari), platform ini menggunakan algoritme yang mendeteksi tagar yang populer pada saat tertentu. Ini memberitahu pengguna tentang kata, frasa atau topik paling populer, secara global dan lokal. Secara keseluruhan, ini adalah mekanisme pengaruh yang cukup besar.
Namun, penelitian EPFL telah menemukan bahwa realitas Twitter Trends bisa sangat berbeda. Berfokus pada Trends di Turki, lembaga tersebut menemukan kelemahan dalam algoritme Twitter di mana jejaring sosial tidak memperhitungkan cicitan yang dihapus. Akibatnya, menjadi terlalu mudah untuk mendorong satu tren lebih dari yang lain ke puncak Twitter Trends.
"Kami menemukan bahwa 47 persen tren lokal di Turki dan 20 persen tren global palsu, dibuat dari awal oleh bot. Antara Juni 2015 dan September, kami menemukan 108 ribu akun bot yang terlibat, kumpulan data bot terbesar yang dilaporkan dalam satu makalah. Penelitian kami adalah yang pertama mengungkap manipulasi Twitter Trends pada skala ini," jelas salah satu penulis penelitian, Tugrulcan Elmas.
Twitter telah diperingatkan
Trik tren palsu yang dikenal sebagai Astroturfing dapat masuk ke dalam semua jenis kategori, seperti kampanye misinformasi, slogan politik, ujaran kebencian, promosi perjudian dan aplikasi phishing. Sebagai bagian dari studi mereka, para peneliti mendemonstrasikan studi kasus menggunakan contoh CiftlikBank atau "Farm Bank", skema Ponzi yang diklaim sebagai perusahaan pertanian yang mencari pertumbuhan yang cepat dan agresif.
Perusahaan menggunakan serangan Astroturfing singkat untuk mempromosikan dirinya 29 kali di Twitter Trends Turki, menggunakan slogan tentang pembukaan fasilitas atau merayakan satu tahun dalam bisnis. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk berpose sebagai bisnis yang berkembang.
Pada tanda kecurigaan pertama, dia menggunakan tagar lain #WetrustinCiftlinkBank” dan mendorongnya sebagai tren. Bos CiftlinkBank kemudian menipu 129 juta dolar Amerika Serikat (AS) sebelum melarikan diri pada Maret 2018.
Kisah ini menunjukkan risiko yang cukup besar dari alat pengaruh yang terbuka untuk manipulasi. Sadar akan bahayanya, para peneliti mencoba memperingatkan Twitter pada dua kesempatan.
Meskipun perusahaan Amerika mengenali kerentanan dalam algoritmenya, dia menolak untuk membuat perubahan apapun. "Masalahnya belum teratasi dan kami melihat tren spam yang jelas terjadi. Jelas bahwa sampai kerentanan dalam algoritme diperbaiki, musuh akan terus menciptakan tren palsu dengan metodologi serangan yang sama," kata Elmas.