Rabu 19 May 2021 22:31 WIB

1.078 Pelajar akan Bersaing Rebut Gelar Juara KSNR Ketiga

KSNR dapat menjadi ekosistem baru untuk menjaring bibit baru dalam bidang Sains

Sebanyak 1.078 pelajar siap bersaing merebutkan gelar juara yang akan digelar secara daring (online) pada pukul 10.00-11.30 WIB, Ahad (23/5) mendatang.
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Sebanyak 1.078 pelajar siap bersaing merebutkan gelar juara yang akan digelar secara daring (online) pada pukul 10.00-11.30 WIB, Ahad (23/5) mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) ketiga se-Indonesia akan memasuki fase final. Sebanyak 1.078 pelajar siap bersaing merebutkan gelar juara yang akan digelar secara daring (online) pada pukul 10.00-11.30 WIB, Ahad (23/5) mendatang.

Pada Babak Penyisihan KSNR ketiga diikuti sebanyak 2.420 peserta kelas 4 SD hingga 12 SMA. Kompetisi tersebut telah berlangsung serentak secara daring (online), Ahad (25/4). Ribuan peserta tersebut akan memperebutkan medali emas, medali perak, dan medali perunggu.

Baca Juga

“Setelah melalui penjurian yang ketat, lebih dari seribu peserta KSNR ketiga akan bersaing dalam Babak Final. KSNR adalah kompetisi yang sangat spesial karena akan diikuti siswa terbaik dari seluruh Indonesia. Sehingga kami sangat mengapresiasi perjuangan yang sudah dilakukan para peserta. Kami berharap KSNR dapat menjadi ekosistem baru untuk menjaring bibit baru dalam bidang Sains,“ kata Herman Hadiwijaya, Kepala Divisi Pelatihan, Lomba, dan Pendidikan Klinik Pendidikan MIPA (KPM), dalam siaran persnya, Rabu (19/5).

Di samping itu, agar para finalis dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi babak final, KPM akan menggelar “Tips & Trik Menghadapi Babak Final KSNR ke-3” pada Jumat, 21 Mei 2021. Sedangkan bagi para finalis yang belum melakukan daftar ulang segera konfirmasi melalui laman https://www.kpm.read1institute.org/ dengan biaya seikhlasnya (sesuai kemampuan).

Adapun materi KSNR ditujukan untuk melatih nalar siswa sebagai proses meningkatkan kemampuan Literasi Sains dalam memahami soal-soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Untuk memahami soal-soal KSNR dapat mempelajari dari buku karya tim Klinik Pendidikan MIPA. Sumber belajar tersebut dapat diperoleh melalui http://bit.ly/KPM_Mart_Toped.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement