Senin 03 May 2021 03:58 WIB

Mengenal Serba-Serbi NFT di Dunia Blockchain

NFT tidak dapat diduplikasi karena token tersebut berada di ekosistem blockchain.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Meme internet
Foto:

Serba-serbi NFT

1. Salah satu NFT termahal adalah Dragon dari platform game blockchain CryptoKitties. Kucing digital ini dijual seharga 600 ETH, atau sekitar 200 ribu dolar Amerika Serikat (AS) pada 2018. Saat ini, jumlah token yang sama berharga sekitar 1 juta dolar AS.

CryptoKitties adalah salah satu platform yang menjadi pionir penerapan teknologi blockchain untuk tujuan hiburan. Platform ini dikembangkan oleh studio Axiom Zen.

Sama seperti kucing asli, setiap kucing virtual memiliki DNA unik dan karakteristiknya yang disebut cattributes dan dapat diturunkan ke keturunannya. Setiap kucing virtual ini unik dan tidak dapat direplikasi atau dipindahkan tanpa izin dari pemiliknya.

2. Pada 3 Maret lalu, Kings of Leon menjadi band pertama yang merilis albumnya dalam bentuk NFT. Dikutip dari Rolling Stones, Jumat (12/3), album dalam bentuk NFT ini dijual seharga 50 dolar AS dengan fitur tambahan, seperti kover album yang bisa bergerak.

Menurut CEO YellowHeart yang menggarap NFT album Kings of Leon, Josh Katz, dalam dua dekade terakhir, industri musik telah mengalami devaluasi harga yang begitu signifikan. "Dengan hadirnya teknologi blockchain dan NFT, musikus yang menjual satu item karyanya seharga 1 dolar AS, dan berhasil menjual 100 ribu item, akan menerima 100 ribu dolar AS," ujarnya menjelaskan.

3. Meme-meme internet juga laku dijual sebagai NFT dengan harga selangit. Meme internet 'disaster girl' laku terjual 500 ribu dolar AS atau Rp 7,2 miliar sebagai NFT. Si pemilik NTF ini adalah Zoe Roth.

Roth bukan bintang meme pertama yang memanfaatkan karya seni berbasis cryptocurrency menjadi sebuah kekayaan. Chris Torres-pencipta Nyan Cat- menjual NFT pelangi, kucing bertubuh Pop-Tart seharga hampir 600 ribu dolar AS atau Rp 829 juta.

Pemilik meme internet lainnya, seperti Kyle Craven juga mendapatkan keuntungan dari ketenaran internet. Gambar meme asli Craven dijual seharga 36 ribu dolar atau Rp 520 juta. Sementara Laina Morris menjual meme-nya seharga 411 ribu dolar AS atau Rp 5,9 miliar pada awal April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement