Ahad 02 May 2021 21:45 WIB

Meme Internet Ini Laku Sebagai NFT Rp 7,2 Miliar

Original copy meme disaster girl terjual sebagai NFT 180 Ether atau 500 ribu dolar AS

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Meme internet
Foto: David Roth
Meme internet

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Meme internet 'disaster girl' laku terjual 500 ribu dolar AS atau Rp 7,2 miliar sebagai non-fungible token (NFT). Si pemilik NTF ini adalah Zoe Roth.

Gambar populer ini diambil oleh ayahnya pada 2005 saat dia menyeringai ke kamera saat sebuah rumah terbakar sebagai latar belakangnya. Ia telah menjual original copy meme sebagai NFT seharga 180 Ether, senilai hampir 500 ribu dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

Roth mengatakan kepada The New York Times bahwa dia akan menggunakan uang itu untuk melunasi pinjaman mahasiswa dan untuk disumbangkan ke badan amal. Keluarga Roth juga memegang hak cipta atas gambar tersebut dan akan mendapatkan potongan 10 persen dari penjualan NFT di masa mendatang.

NFT milik Roth dibeli oleh 3Fmusic, sebuah studio musik yang berbasis di Dubai dengan merogoh kantong yang sangat dalam. Lembaga ini juga membeli beberapa NFT tiket besar lainnya, termasuk Overly Attached Girlfriend (411 dolar AS) atau Rp 5,9 miliar dan NFT kolom di The New York Times (560 ribu dolar) atau Rp 8 miliar.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada NYT pada Maret, 3F Music menjelaskan pembeliannya.

“Tim manajemen kami selalu bekerja sama dengan beberapa penasihat seni yang sangat berpengetahuan dan berpengalaman yang percaya bahwa kami harus tumbuh dengan gerakan teknologi yang membantu kami tidak hanya mempromosikan bisnis kami, tetapi juga untuk mendukung seniman dan pasar seni,” komentarnya, dilansir dari The Verge, Ahad (2/5).

NFT merupakan singkatan dari non-fungible token. NFT adalah apapun yang bersifat digital, termasuk gambar, GIF animasi, lagu atau item dalam video gim. Sebuah NFT bisa menjadi satu-satunya, seperti lukisan kehidupan nyata atau satu salinan dari banyak, seperti kartu perdagangan. Namun, teknologi blockchain melacak siapa yang memiliki file asli tersebut.

NFT telah menjadi berita utama akhir-akhir ini, beberapa karya dijual seharga jutaan dolar. Meme terkenal seperti Nyan Cat dan kacamata hitam “deal with it” sedang dilelang. Ada juga banyak diskusi tentang penggunaan listrik besar-besaran dan dampak lingkungan dari NFT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement