Rabu 21 Apr 2021 12:25 WIB

AirTag Apple Bisa Dipertimbangkan di Sidang Antitrust di AS

Peluncuran AirTag bisa menjadikan persaingan tak sehat untuk perangkat pelacakan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Airtag Apple.
Foto:

Tile akan bersaksi pekan ini di hadapan panel antitrust Komite Kehakiman Senat AS. Sidang akan fokus pada masalah persaingan dari pengembang yang mengandalkan toko aplikasi Google milik Apple dan Alphabet Inc (GOOGL.O) untuk menjangkau konsumen.

Eksekutif Apple dan Google akan bersaksi seperti halnya pada eksekutif dari layanan streaming musik Spotify Technology SA (SPOT.N) dan layanan kencan Match Group (MTCH.O), keduanya telah mengkritik persyaratan Apple untuk menggunakan sistem pembayarannya dan membayar komisi atas penjualan dari AppStore.

Kekhawatiran Tile berpusat pada kontrol dan pembatasan privasi Apple dan apakah Tile memiliki akses yang sama ke perangkat keras dan sistem iPhone seperti produk Apple. Dalam kesaksian tahun lalu, Tile mengatakan telah mempertahankan hubungan yang produktif dengan Apple, menjual produknya di toko Apple. Namun, hubungan itu memburuk pada 2019 ketika Apple mengumumkan akan meningkatkan aplikasi “FindMy” agar berfungsi lebih seperti Tile.

Tile bersaksi Apple mempekerjakan salah satu insinyurnya sekitar waktu itu. Apple juga memperketat kontrol privasinya dengan menambahkan lebih banyak langkah sebelum pengembang pihak ketiga dapat mengakses data lokasi pengguna, yang diperlukan perangkat Tile agar berfungsi.

Namun, untuk menggunakan sistem FindMy Apple, pengembang pihak ketiga menghadapi batasan pada seberapa banyak data yang dapat mereka kumpulkan dari pelanggan. Tile berpendapat langkah-langkah ekstra tersebut merugikan produknya dibandingkan dengan aplikasi FindMy milik Apple.

Pada 2020, Apple mulai membuka aplikasi FindMy untuk mengembang pihak ketiga. Bulan lalu, Apple membuka program tersebut, mengatakan mereka akan merilis blueprint chip yang dapat digunakan pihak ketiga untuk memanfaatkan perangkat keras iPhone.

Tiga perusahaan telah mengumumkan produk yang menggunakan sistem baru Apple, termasuk pembuat sepeda listrik VanMoof dan Chipolo, yang membuat pelacak item mirip dengan perangkat Tile. Tile belum mengatakan apakah mereka berencana menggunakan program Apple untuk akses pihak ketiga ke aplikasi FindMy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement