Sabtu 17 Apr 2021 23:07 WIB

Waspadai, Ini Penyebab Smartphone Meledak

Kasus kebakaran ponsel pernah terjadi pada Samsung Galaxy Note 7.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel Samsung meledak. ilustrasi
Foto:

Baterai terkena air

Baterai yang meledak karena air sering terjadi saat ponsel tidak kedap air. Bahkan ponsel paling terjangkau di luar sana hadir dengan setidaknya lapisan tahan percikan yang menahan air semaksimal mungkin.

Ponsel tertinggal di dalam mobil dan terkena sinar matahari langsung

Terlalu banyak panas dapat merusak baterai ponsel. Sel menjadi sedikit tidak stabil, kehilangan kerusakan eksotermik, dan menghasilkan gas seperti oksigen dan karbon dioksida.

Gas-gas ini dapat menyebabkan baterai membengkak, merusak strukturnya, dan akhirnya meledak. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak meninggalkan ponsel di dalam mobil yang panas dan menyimpannya di bawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lama.

Penggunaan prosesor berlebihan

Prosesor juga dapat menyebabkan ponsel Anda memanas secara alami. Chipset, bahkan yang paling kuat, memiliki masalah termal selama multi-tasking dan menjalankan aplikasi dengan grafis berat seperti PUBG.

Untuk mengatasi ini, OEM telah mulai menambahkan fitur kunci termal atau pasta termal untuk menjaga panas handset tetap terkendali. Tetapi dalam banyak kasus hal ini tidak terjadi, kunci termal gagal dan telepon meledak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement