Selasa 13 Apr 2021 12:32 WIB

Observatoirum di Queensland Terganggu Polusi Cahaya

Mount Kent Observatory terganggu dengan cahaya lampu jalan dan tambang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Langit malam berbintang/ilustrasi
Foto: Pixabay
Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Para astronom khawatir polusi cahaya dari lampu jalan, bandara, dan tambang di Darling Downs dapat mengancam masa depan Mount Kent Observatory, fasilitas penelitian Queensland yang terkenal di dunia.Fasilitas University of Southern Queensland di dekat Toowoomba mencakup teleskop dan teknologi tercanggih, yang memungkinkan peneliti lokal melakukan studi untuk menemukan benda langit baru.

Namun dosen astronomi senior USQ, Duncan Wright mengatakan peningkatan polusi cahaya, termasuk cahaya buatan yang mengalir dari rumah, toko dan lampu jalan pada malam hari dapat menghalangi kemampuan peneliti untuk melihat langit malam dengan jelas.

Baca Juga

"Sangat mudah pencahayaan itu menjadi berlebihan. Sumber cahaya buatan, pada dasarnya dapat menerangi langit dan mencegah kita untuk dapat melihat objek redup yang ingin kita lihat dengan teleskop kita." kata Dr Wright dilansir di ABC, Selasa (13/4).

Sekitar 30 kilometer sebelah utara observatorium terletak kota regional Toowoomba, rumah bagi lebih dari 135.000 penduduk.

Dr Wright mengatakan tingkat polusi cahaya saat ini dari kota itu kecil, tetapi kemungkinan akan berubah seiring dengan bertambahnya populasi. Menurutnya hal itu mempengaruhi ketika kita melihat sangat rendah di cakrawala ke arah utara.

Para peneliti baru-baru ini memulai proyek pemantauan orbit geo-stasioner, yang membutuhkan pandangan yang jelas ke utara.

"Jenis keprihatinan yang kami miliki, akankah kami dapat melakukan bidang penelitian khusus ini ketika kami memiliki kota (yang lebih besar) di sana?" kata Dr Wright.

Dr Wright mengatakan dia ingin melihat Observatorium Gunung Kent dinyatakan sebagai Taman Langit Gelap dalam lima hingga 10 tahun ke depan. Dia berharap observatorium itu bisa ditawarkan perlindungan khusus terkait pencahayaan luar ruangan dan kebijakan perencanaan regional.

Taman Nasional Warrumbungle di New South Wales adalah satu-satunya Taman Langit Gelap yang diakui secara internasional di Australia dan yang pertama di Belahan Bumi Selatan.

Dr Wright menjelaskan, ada banyak tambang di utara New South Wales dan Queensland selatan. Mereka bekerja 24 jam sehari dan tujuh hari sepekan serta memiliki banyak penerangan di sekelilingnya untuk keselamatan.

Semua hal semacam itu dinilainya dapat dengan mudah menyebabkan kekacauan di langit.

Ada kriteria kelayakan yang ketat untuk Taman Langit Gelap, yang mencakup pemandangan Bima Sakti yang jelas, tidak ada sumber cahaya buatan terdekat dengan silau 'signifikan' dan program pengukuran cahaya yang ketat.

Wright mengatakan bahkan jika situs observasi tidak memenuhi persyaratan, revisi peraturan perencanaan dewan lokal juga dapat meningkatkan visibilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement