Rabu 24 Feb 2021 03:54 WIB

NASA Rilis Video Pendaratan Perseverance di Mars

Rover Perseverance mengumpulkan 23.000 gambar pendaratan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Perseverance mendarat di Mars.
Foto:

Perisai panas kemudian dilepaskan dan terlihat jatuh ke permukaan saat roket pendaratan delapan tahap milik rover tersebut mengambil alih, mengurangi kecepatan menjadi sekitar 2,6 km/jam. Saat itulah manuver skycrane yang rumit dimulai.

Kira-kira 12 detik sebelum touchdown, tahap pendaratan menurunkan rover dari satu set kabel sepanjang 6,4 meter.  Debu terlihat terangkat dari permukaan saat rover membuka kaki dan rodanya ke posisi pendaratan.  

Setelah rover merasa bahwa telah menyentuh tanah, kabel dengan cepat dipotong dengan tahap penurunan terbang dengan aman menjauhi rover.

Semua ini harus dilakukan tanpa hambatan. Dan untungnya, ini berhasil, dengan video untuk membuktikannya.

Rover mengumpulkan 23.000 gambar pendaratan dan 30 gigabyte informasi dengan kamera yang melihat ke atas saat tahap pendaratan menurunkan Perseverance ke tanah dan ke bawah saat debu ditiup oleh roket.

"Saya bisa dan telah menonton video itu selama berjam-jam. Saya terus melihat hal-hal baru setiap saat." kata Al Chen, bagian entry, descent, and landing (EDL) Perseverance di JPL, pada konferensi pers.

Mikrofon tidak menangkap suara saat turun. Menurut para insinyur mungkin merupakan kesalahan komunikasi, meskipun sekarang mikrofon berfungsi di permukaan dan telah mengirim kembali audio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement