Sabtu 20 Feb 2021 04:34 WIB

Ilmuwan Berhasil Kloning Musang Kaki Hitam Langka

Kloning digandakan dari gen hewan yang mati lebih dari 30 tahun lalu.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
ara ilmuwan untuk pertama kalinya berhasil melakukan kloning dari spesies hewan langka  di Amerika Serikat (AS), musang barkaki hitam.
Foto:

Saat Willa mati, Departemen Pelikanen dan Margasatwa Wyoming mengirim jaringan tubuhnya ke frozen zoo atau kebun binatang beku yang dikelola oleh San Diego Zoo Global. Di sana terdapat sel dari lebih 1.100 spesies dan subspesies di seluruh dunia.

Para ilmuwan dapat memodifikasi gen tersebut untuk membantu hewan kloning bertahan hidup. Gober mengatakan dengan teknik ini, pada dasarnya Anda dapat membekukan waktu dan meregenerasi sel-sel itu.

“Saat ini kami masih jauh dari memberikan resistensi genetik, tapi itu kemungkinan terwujud di masa depan,” kata Gober.

Kloning membuat tumbuhan atau hewan baru dengan menyalin gen hewan yang ada. Viagen, perusahaan yang berbasis di Texas pernah mengkloning kucing peliharaan seharga 35.000 dolar AS dan anjing seharga 50.000 dolar AS, hingga mengkloning seekor kuda Przewalski.

Mirip dengan musang kaki hitam, 2.000 atau lebih kuda Przewalski yang masih hidup adalah keturunan dari belasan hewan saja. Viagen juga mengkloning Willa melalui koordinasi oleh Revive & Restore, sebuah organisasi konservasi satwa liar yang berfokus pada bioteknologi.

Selain kloning, ada organisasi nirlaba di Sausalito, California yang juga mempromosikan penelitian genetika ke dalam bentuk kehidupan yang terancam punah. Diantaranya adalah bintang laut hingga jaguar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement