Rabu 10 Feb 2021 09:32 WIB

Sah! Negara Arab Pertama Berhasil Masuki Orbit Mars

Misi Uni Emirat Arab berhasil memasuki orbit sekitar Mars pada 9 Februari.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Dalam gambar ini yang dibuat dari saluran youtube MHI, roket H-IIA dengan Hope orbiter Mars Uni Emirat Arab lepas landas dari Tanegashima Space Center di Minamitane, Jepang selatan, Senin (20/7/2020).
Foto:

Nidhal Guessom, profesor Fisika dan Astronomi di American University of Sharjah, mengatakan, Hope Probe adalah pengorbit yang akan mempelajari Mars dari ketinggian di atas permukaannya untuk memberikan bidang pandang luas dan kemampuan untuk mengamati serta mengukur kondisi di mana-mana di permukaan bumi dan di atmosfer. Termasuk juga jam demi jam, hari demi hari, dan sepanjang tahun Mars atau setara dengan hampir dua tahun Bumi, yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Hope Probe mengusung kamera warna digital beresolusi tinggi, dilengkapi dengan spektroskopi Infra-Merah dan Ultra-Violet. Semua ini akan memberi kita gambaran lengkap tentang evolusi dalam ruang dan waktu, kondisi permukaan, misalnya badai debu dan proses atmosfer interaksi lapisan atmosfer dan pelepasan berbagai unsur kimia.

Setelah satu tahun Mars atau sama dengan dua tahun di Bumi, pengukuran Hope Probe akan memberikan lebih banyak pengetahuan ilmiah manusia tentang Planet Merah. Sejauh ini, UEA telah mengumumkan dua proyek luar angkasa tambahan yang penting.

Tahap kedua dari program astronot untuk mengirim astronot Emirat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk melakukan berbagai eksperimen dan Lunar Rover untuk dikirim ke bulan pada 2024. Hope Probe, merupakan program luar angkasa yang beragam dan ambisius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement