Kamis 14 Jan 2021 16:11 WIB

Mengapa WHO Tetapkan Efikasi Vaksin Covid Hanya 50 Persen?

Bahkan hanya 50 persen pun sudah bisa membuat perubahan keadaan pandemi.

Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 di Puskesmas Merdeka, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (14/1/2021). Sebanyak 1,2 juta tenaga kesehatan yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang dimulai Rabu (13/1).
Foto:

Apakah sulit melewati tingkat efektivitas 50 persen?

Baik Dr McVernon dan Dr Esterman menekankan dibutuhkan waktu untuk bisa melihat tingkat efektivitas vaksin.

Dalam situasi bukan pandemi, Dr McVernon mengatakan persetujuan mengenai vaksin untuk penyakit tidak mendesak memerlukan waktu yang lama. Kadang sampai 20-30 tahun dari proses awal sampai bisa diproduksi masal.

Dia mengatakan banyak faktor yang menjadi pertimbangan pihak regulator sebelum memberi persetujuan, antara lain seberapa parah penyakit tersebut, biaya untuk menangani penyakit tersebut, dan tentu saja tingkat efikasi, biaya dan efek samping.

Di tengah keadaan dunia seperti sekarang ini, Dr McVernon mengatakan pihak regulator harus mempertimbangkan ancaman COVID-19 terhadap penduduk dunia secara keseluruhan.

"Kadang tingkat efikasi setinggi mungkin menjadi tidak penting dibandingkan melakukan vaksinasi untuk sebanyak mungkin orang," katanya.

"Bila hanya ada satu vaksin yang memiliki tingkat efektivitas 50 persen dan berguna, maka tentu kita ingin segera menggunakannya sambil menunggu yang lebih baik lagi."

"Kriteria untuk bisa dapat vaksin yang terbaik akan terus meningkat karena penyakit COVID-19 akan semakin menyebar ke seluruh dunia. Virus ini tidak akan menghilang begitu saja dalam waktu dekat."

sumber: https://www.abc.net.au/indonesian/2021-01-14/alasan-who-menetapkan-efikasi-vaksin-covid-50-persen/13057044

sumber : ABC.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement