Ahad 10 Jan 2021 16:16 WIB

Cara Hindari Bullying di Video Game Multipemain

Tanpa disadari, komunikasi antar pemain di video game lahirkan 'bullying'.

Tanpa disadari, komunikasi antar pemain di video game lahirkan 'bullying' (Foto: ilustrasi)
Foto:

Blokir pemain game agresif atau filter pesan obrolan

Sebagian besar platform game menampilkan alat di luar pelaporan untuk memerangi penyalahgunaan, seperti pengaturan filter obrolan otomatis untuk menghindari hal yang paling tidak menyenangkan.

Jika mendapati pelecehan, nonaktifkan rekan pemain yang agresif tersebut. Jika mendapati pelecehan selama dan di luar game, tambahkan para pemain tersebut ke daftar blokir agar mereka tidak menghubungi lebih lanjut.

Hentikan pertandingan dengan para pengganggu

Jika rekan satu tim membombardir dengan penghinaan atau ancaman, dan Anda merasa kesulitan, melindungi diri sendiri adalah hal utama. Tentu saja, kemudian akan berpengaruh pada keberlangsungan permainan, tetapi kesehatan mental dan suasana hati Anda lebih berharga.

Menjaga informasi pribadi tetap rahasia

Jika semua rekan pemain mengetahui Anda dengan nama alias, mereka tidak dapat membahayakan di kehidupan nyata. Sebelum berpikir untuk memberikan informasi pribadi kepada siapa pun, pastikan Anda memercayai mereka.

Anda juga tidak perlu membagikan nomor telepon, alamat email, atau akun media sosial dengan rekan satu tim. Anda dapat menggunakan obrolan internal untuk berkomunikasi selama permainan.

Jangan terlalu banyak berbagi profil dalam permainan. Ingatlah bahwa pengganggu dapat mempelajarinya untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement