Sabtu 09 Jan 2021 02:51 WIB

Ilmuwan Ungkap Alasan Buaya tak Berubah dalam 200 Juta Tahun

Buaya hanya sedikit berubah sejak zaman dinosaurus sampai saat ini.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat memegang seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang dievakuasi dari rumah warga oleh petugas pemadam kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (6/3/2020). Buaya sepanjang 80 cm itu kemudian akan dilepasliarkan kembali setelah diperiksa kondisi fisik dan kesehatannya
Foto:

Penelitian itu juga menyebut ada konsep serba guna pada buaya. Keserbagunaan itu bisa menjadi salah satu alasan buaya selamat dari tumbukan meteor pada akhir periode Cretaceous dimana dinosaurus punah. Iklim pada zaman dinosaurus diketahui lebih hangat daripada saat ini, dan itu diprediksi menjadi sebab ada lebih banyak jenis buaya daripada yang terlihat sekarang.

“Buaya memiliki gaya hidup yang cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang sangat besar yang telah terjadi sejak dinosaurus ada,” kata ketua peneliti Dr. Max Stockdale, dilansir dari inews.co.uk, Jumat (8/1).

Tim penelitian tersebut saat ini berencana untuk mengeksplorasi alasan beberapa jenis buaya prasejarah punah, sementara yang lain tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement