Jumat 02 Oct 2020 20:53 WIB

Ilmuwan Temuan 6 Galaksi Seperti Jaring Laba-Laba Kosmik

Lubang hitam raksasa terjerat 6 galaksi seperti jaring laba-laba kosmik.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim astronom menemukan enam galaksi yang terjerat dalam apa yang disebut sebagai jaring laba-laba kosmik di lubang hitam supermasif.
Foto: eso
Tim astronom menemukan enam galaksi yang terjerat dalam apa yang disebut sebagai jaring laba-laba kosmik di lubang hitam supermasif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim astronom menemukan enam galaksi yang terjerat dalam apa yang disebut sebagai jaring laba-laba kosmik di lubang hitam supermasif. Fenomena kemungkinan terjadi segera setelah Big Bang.

Studi yang diterbitkan pada Kamis (1/10) membantu menjelaskan tentang perkembangan lubang hitam supermasif atau disebut sebagai monster misterius itu. Lubang hitam yang muncul pada awal sejarah alam seresta diperkirakan terbentuk dari runtuhnya bintang-bintang pertama.

Baca Juga

Namun, para astronom tidak mengetahui dengan pasti bagaimana lubang hitam berkembang menjadi raksasa. Lubang hitam yang baru ditemukan, yang berasal dari saat alam semesta belum berusia satu miliar tahun memiliki berat satu miliar kali massa Matahari. Lubang hitam ini ditemukan dari pengamatan European Southern Observatory (ESO).

Para ilmuwan mengatakan temuan itu membantu memberikan penjelasan tentang bagaimana lubang hitam supermasif seperti yang ada di pusat Bima Sakti bisa berkembang. Hal ini, menurut para astronom terjadi karena percaya bahwa filamen yang menjebak gugus galaksi membawa cukup gas untuk memberi makan lubang hitam, sehingga memungkinkannya untuk tumbuh.

"Filamen web kosmik seperti benang jaring laba-laba," ujar Marco Mignoli, astronom di National Institute for Astrophysics (INAF) di Bologna yang memimpin penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics, dilansir Digital Journal, Jumat (2/10).

Galaksi berdiri dan tumbuh di tempat bersilangannya filamen, dan aliran gas, yang menjadi bahan bakar galaksi dan lubang hitam supermasif pusat, serta dapat mengalir di sepanjang filamen. Mignoli mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada penjelasan yang baik atas keberadaan lubang hitam awal sebesar itu.

Para peneliti mengatakan struktur web mungkin terbentuk dengan bantuan materi gelap, yang diperkirakan menarik sejumlah besar gas di awal alam semesta. Rekan penulis studi, Colin Norman dari Universitas Johns Hopkins mengatakan temuan ini mendukung gagasan bahwa lubang hitam paling jauh dan masif terbentuk dan tumbuh di dalam lingkaran cahaya materi gelap masif dalam struktur skala besar. Tidak adanya deteksi sebelumnya dari struktur tersebut kemungkinan besar karena keterbatasan pengamatan.

Seluruh jaringan lebih dari 300 kali ukuran Bima Sakti

Dikatakan bahwa galaksi tersebut juga termasuk yang paling redup yang dapat dilihat oleh teleskop saat ini. Ilmuwan menambahkan  penemuan itu hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan teleskop optik terbesar yang tersedia, termasuk Teleskop Sangat Besar ESO di Gurun Atacama Chili.

"Kami yakin kami baru saja melihat puncak gunung es, dan beberapa galaksi yang ditemukan sejauh ini di sekitar lubang hitam supermasif ini hanyalah yang paling terang," jelas rekan penulis Barbara Balmaverde, astronom di INAF di Torino, Italia.

Penelitian ini adalah yang terbaru untuk mencoba dan menerangi formasi misterius ‘monster kosmik’ ini, yang begitu padat sehingga cahaya pun tidak bisa lepas dari tarikan gravitasi mereka. Pada September, dua konsorsium dari sekitar 1.500 ilmuwan melaporkan penemuan GW190521, yang dibentuk oleh tabrakan dua lubang hitam yang lebih kecil.

Apa yang diamati para ilmuwan adalah gelombang gravitasi yang dihasilkan lebih dari tujuh miliar tahun lalu ketika mereka saling bertabrakan, melepaskan energi senilai delapan massa matahari. Termasuk saat itu adalah menciptakan salah satu peristiwa paling kuat di Semesta sejak Big Bang.

Dengan 142 massa matahari, GW190521 adalah lubang hitam "bermassa menengah" pertama yang pernah diamati. Para ilmuwan mengatakan temuan itu menantang teori saat ini tentang pembentukan lubang hitam supermasif, yang menunjukkan hal itu bisa terjadi melalui penggabungan berulang dari benda-benda berukuran sedang ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement