Sabtu 12 Sep 2020 06:55 WIB

Fakta-Fakta Menakjubkan tentang Bintang

Bintang adalah benda hitam yang bersinar, tapi tak berkelap kelip.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Bintang. Ilustrasi
Foto:

Matahari kita adalah bintang katai

Kita terbiasa menganggap matahari sebagai bintang "normal", dan dalam banyak hal memang demikian. Tapi matahari ternyata adalah bintang kerdil atau katai

Anda mungkin pernah mendengar tentang katai putih. Namun, katai butih bukanlah bintang biasa. Katai putih adalah bangkai bintang yang mati. Secara teknis, sejauh bintang dikatagorikan sebagai katai, raksasa dan super raksasa.

Raksasa dan super raksasa mewakili tahap akhir (usia tua) bintang. Sebagian besar bintang, yang berada dalam tahap evolusi yang panjang dan matang (Urutan Utama) semuanya disebut "katai".

Setiap bintang yang terlihat lebih besar dan lebih terang dari matahari

Dari 5.000 atau lebih bintang yang lebih terang dari magnitudo 6, hanya segelintir bintang yang sangat redup yang ukurannya kira-kira sama dan kecerahan matahari kita. Sisanya lebih besar dan lebih terang.

Dari 500 atau lebih yang lebih terang dari magnitudo 4 (setiap bintang yang terlihat dengan mata telanjang dari lokasi perkotaan), semuanya secara intrinsik lebih besar dan lebih terang daripada matahari kita.

Kita tidak dapat melihat jutaan bintang di malam yang gelap.

Anda tidak dapat melihat jutaan bintang di mana pun. Ini karena banyak bintang-bintang tidak cukup dekat dan cukup terang. Pada malam yang benar-benar luar biasa, tanpa Bulan dan jauh dari sumber cahaya mana pun, seseorang dengan penglihatan yang sangat baik mungkin dapat melihat 2000-2500 bintang pada satu waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement