Jumat 04 Nov 2022 05:06 WIB

Mengenal Bintang Biru, Bintang Terbesar dan Paling Terang di Galaksi

Warna bintang memberikan informasi mengenai suhu dan massanya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Langit malam berbintang/ilustrasi. Kebanyakan dari bintang-bintang terlihat berwarna putih, namun sebanarnya ada yang berwarna merah dan juga biru.
Foto: Pixabay
Langit malam berbintang/ilustrasi. Kebanyakan dari bintang-bintang terlihat berwarna putih, namun sebanarnya ada yang berwarna merah dan juga biru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika dilihat dengan mata telanjang, bintang-bintang di langit malam semua terlihat sangat mirip satu sama lain. Perbedaan utama adalah bahwa beberapa bintang tampak lebih terang daripada yang lain.

Namun, jika diamati dengan cermat, bintang-bintang memiliki warna yang berbeda. 

Baca Juga

Kebanyakan dari bintang-bintang itu terlihat putih. Namun sebanarnya ada yang merah dan juga biru. Warna bintang memberi tahu kita tentang suhu dan massanya. Bintang-bintang biru adalah yang terpanas dan paling masif dari semua jenis bintang.

Bintang-bintang biru sejauh ini merupakan bintang terbesar dan paling terang di galaksi. Dilansir dari Space, setiap bintang yang memiliki massa tiga kali atau lebih dari matahari akan cenderung terlihat biru di mata kita.

Kondisi itu terlepas dari faktor lain seperti komposisi kimia. Bintang-bintang biru, bintang-bintang kuning dan bintang-bintang merah sama-sama terdiri dari sekitar 75 persen hidrogen, 24 persen helium, dan sejumlah kecil unsur lainnya.

Berikut ini, adalah fakta-fakta bintang biru

Mengapa bintang-bintang biru sangat panas? Bintang-bintang biru berwarna biru karena sangat panas. Cahaya biru membawa lebih banyak energi daripada cahaya merah, yang berarti membutuhkan sumber radiasi yang lebih panas untuk menghasilkannya.

Hal ini menjelaskan mengapa bintang-bintang biru lebih panas daripada bintang-bintang merah. Analogi ini mirip jika Anda melihat logam dipanaskan di bengkel. Awalnya, logam bersinar merah, lalu saat semakin panas berubah menjadi biru-putih.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement