Jumat 28 Aug 2020 06:51 WIB

Anomali Atlantik Selatan Lemahkan Medan Magnet Bumi

Medan magnet bumi bertindak seperti perisai pelindung di sekitar Bumi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Badai Matahari (ilustrasi)
Badai Matahari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan sedang menyelidiki mengenai fenomen Anomali Atlantik Selatan atau South Atlantic Anomaly (SAA). Anomali ini terjadi di Amerika Selatan dan Samudra Atlantik bagian selatan.

Anomali yang terjadi ini menyebabkan melemahnya medan magnet Bumi. Medan magnet bumi bertindak seperti perisai pelindung di sekitar planet, mengusir dan menjebak partikel bermuatan dari Matahari.

Baca Juga

Dilansir dari laman resmi Badan Antariksa AS (NASA), (18/8), SAA muncul dari dua fitur inti bumi: Kemiringan sumbu magnetnya, dan aliran logam cair di dalam inti terluarnya.

Bumi agak seperti magnet batang. Kutub utara dan selatan mewakili kutub magnet berlawanan. Garis medan magnet tak terlihat mengelilingi planet di antara kedua kutub.

Tidak seperti magnet batang, medan magnet inti Bumi tidak sejajar sempurna di seluruh dunia, juga tidak stabil secara sempurna.  Hal ini karena bidang tersebut berasal dari inti terluar Bumi: cair, kaya zat besi, dan dalam gerakan kuat 1800 mil di bawah permukaan. Logam yang berputar ini bertindak seperti generator besar, yang disebut geodynamo, menciptakan arus listrik yang menghasilkan medan magnet.

Ketika gerakan inti berubah dari waktu ke waktu (karena kondisi geodinamis yang kompleks di dalam inti) medan magnet juga berfluktuasi dalam ruang dan waktu. Proses dinamis dalam riak inti ke luar ke medan magnet yang mengelilingi planet, menghasilkan SAA dan fitur lain di lingkungan dekat Bumi. Termasuk kemiringan dan pergeseran kutub magnet, yang bergerak seiring waktu.

Evolusi medan magnet ini memberi para ilmuwan petunjuk untuk membantu mereka mengungkap dinamika inti yang mendorong geodinamik.

"Medan magnet sebenarnya adalah superposisi medan dari banyak sumber saat ini,” kata Terry Sabaka, ahli geofisika di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

Wilayah di luar Bumi padat juga berkontribusi pada medan magnet yang diamati. Namun, kata dia, sebagian besar medan magnet berasal dari inti.

Gaya di inti dan kemiringan sumbu magnet bersama-sama menghasilkan anomali, area dengan magnet yang lebih lemah. Hal ini memungkinkan partikel bermuatan yang terperangkap di medan magnet bumi menukik lebih dekat ke permukaan.

Untuk diketahui, matahari mengeluarkan partikel dan medan magnet yang disebut angin matahari dan awan besar plasma panas serta radiasi yang disebut coronal mass ejections atau ejeksi massa korona. Saat materi surya ini mengalir melintasi ruang angkasa dan mengenai magnetosfer Bumi, materi ini terperangkap dan tertahan di dua sabuk berbentuk donat di sekitar planet yang disebut Sabuk Van Allen.

Sabuk tersebut menahan partikel untuk melakukan perjalanan di sepanjang garis medan magnet bumi, terus menerus memantul dari kutub ke kutub.  Sabuk terdalam dimulai sekitar 400 mil dari permukaan Bumi, yang menjaga jarak radiasi partikelnya dari Bumi dan satelit yang mengorbitnya.

Namun, ketika badai partikel yang sangat kuat dari Matahari mencapai Bumi, sabuk Van Allen dapat menjadi sangat berenergi dan medan magnet dapat berubah bentuk. Ini memungkinkan partikel bermuatan menembus atmosfer.

"SAA yang diamati juga dapat diartikan sebagai konsekuensi melemahnya dominasi bidang dipol di wilayah tersebut,” kata Weijia Kuang, ahli geofisika dan matematikawan di Laboratorium Geodesi dan Geofisika Goddard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement