Rabu 08 Jul 2020 03:33 WIB

7 Hal Salah Kaprah Saat New Normal Diberlakukan

Nasib pandemi ini bergeser dari mandat pemerintah ke tanggung jawab pribadi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Wisatawan bermain di pantai Sadranan Dusun Pulegundes, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Selasa (7/7/2020). Sejumlah wisata pantai selatan di kabupaten Gunungkidul telah dibuka kembali untuk umum setelah ditutup selama pandemi COVID-19 sejak empat bulan lalu dan mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Saya sudah dites negatif, jadi saya baik-baik saja

Itu bukan alasan untuk berhenti mengambil tindakan pencegahan. "Kadang-kadang ada negatif palsu, yang berarti Anda memiliki penyakit tetapi tes tidak mendeteksi itu," menurut Penn Medicine.

Mungkin kita harus mendapatkan herd immunity

Itu bukan ide yang baik karena beberapa unit perawatan intensif sudah hampir melebihi kapasitas. Bahkan jika Anda terkena virus corona tetapi tidak sakit, virus ini sangat menular, dan Anda dapat menginfeksi orang lain yang membutuhkan rawat inap.

Dan itu dapat mengurangi perawatan bagi siapa pun yang membutuhkannya, seperti korban kecelakaan mobil atau orang yang menderita serangan jantung.

Will Humble, direktur eksekutif Asosiasi Kesehatan Masyarakat Arizona khawatir rumah sakit akan masuk ke krisis standar perawatan. Ini berarti pelayanan perawatan yang lebih rendah untuk semua orang, bukan hanya orang dengan Covid-19.

Ada masalah lain dengan menunggu kekebalan kawanan: Virus ini sangat baru, tidak ada yang tahu apakah antibodi yang dikembangkan setelah pulih dari virus akan memberikan kekebalan jangka panjang.

Tetapi direktur CDC, Dr. Robert Redfield, mengatakan setiap orang dapat membantu menghentikan pandemi mematikan ini, dengan hanya mengambil tanggung jawab pribadi.

"Kita memiliki alat yang kuat yang kita miliki: menjaga jarak, memakai masker di depan umum, dan disiplin tentang seringnya mencuci tangan. Kita bukannya tidak berdaya terhadap penyakit ini," kata Redfield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement