Rabu 01 Jul 2020 10:34 WIB

Riset Baru Ungkap Penyebab Kepunahan Dinosaurus

Riset baru menyebut dinosaurus punah karena asteroid.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
tulang paha dinosaurus yang ditemukan di di situs Angeac-Charente Prancis.
Foto: BBC
tulang paha dinosaurus yang ditemukan di di situs Angeac-Charente Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Penyebab kepunahan dinosaurus masih menjadi perdebatan selama bertahun-tahun. Para ilmuwan berbebat apakah kepunahan dinosaurus pada 66 juta tahun lalu disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau dampak asteroid.

Kini, riset terbaru mungkin telah menjawab perdebatan itu. Menurut penelitian terbaru, kepunahan dinosaurus bukan karena periode perubahan iklim yang berkepanjangan yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik.

Baca Juga

Studi baru ini telah melemahkan pada teori bahwa letusan gunung berapi besar di Deccan Traps yang menyebabkan kepunahan dinosaurus.  Asteroid seukuran kota yang menghantam Bumi lah sebabnya,

Hantaman asteoid menyebabkan Bumi mengalami musim dingin yang drastis, yang akan berlangsung selama bertahun-tahun. Musim dingin ekstrem ini  menciptakan dunia yang sebagian besar tidak cocok bagi dinosaurus untuk hidup.

"Peran relatif dari dua mekanisme pembunuhan potensial ini pada waktu dan besarnya kepunahan telah diperdebatkan dengan sengit selama beberapa dekade," kata studi tersebut dilansir di CNN, Selasa (30/6).

Menurut Alessandro Chiarenza, yang melakukan penelitian dari departemen ilmu bumi dan teknik di Imperial College London, studi ini menunjukkan bahwa hanya dampak asteroid, terutama dengan konsekuensinya yang berkepanjangan, adalah pendorong nyata kepunahan.

"Mungkinkah (aktivitas vulkanik) memainkan peran yang lebih kecil dengan mempersulit dinosaurus untuk berkembang sebelum dampak asteroid? Tidak, kami menunjukkan bahwa aktivitas Deccan Traps, jika ada, mungkin telah melindungi 'efek negatif' dari dampak tersebut pada iklim, berpotensi meningkatkan pemulihan setelah peristiwa kepunahan," jelasnya.

Untuk menentukan apakah itu asteroid yang menghantam pantai Meksiko atau aktivitas gunung berapi yang melepaskan gas yang mengubah iklim, tim tersebut menggabungkan penanda geologis iklim dan model matematika. Mereka menggabungkan faktor lingkungan seperti curah hujan dan suhu, setiap spesies dinosaurus yang dibutuhkan untuk berkembang.

Mereka menemukan bahwa serangan asteroid saja dapat menyapu bersih semua habitat dinosaurus potensial. Sementara vulkanisme meninggalkan beberapa wilayah yang subur di sekitar khatulistiwa.

"Kami mendorong pendekatan ini selangkah lebih maju, dengan menambahkan dimensi ekologis pada penelitian ini untuk mengungkap bagaimana fluktuasi iklim ini sangat mempengaruhi ekosistem,"  kata Alex Farnsworth, ahli paleoklimatologi di Universitas Bristol dan penulis utama studi tersebut.

Menurut Farnsworth, dampak asteroid akan menciptakan iklim yang terlalu sulit bagi dinosaurus untuk bertahan hidup. Dengan suhu yang membeku secara global selama bertahun-tahun tidak memungkinkan vegetasi untuk tumbuh, dan mengacaukan basis jaring makanan yang menjadi tempat dinosaurus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement