Selasa 13 Sep 2022 15:09 WIB

Studi: Tabrakan Asteroid Purba Telah Mengubah Makhluk Hidup Menjadi Arang

Studi terbaru menemukan tabrakan asteroid dapat mengubah makhluk hidup jadi arang

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Studi terbaru menemukan tabrakan asteroid dapat mengubah makhluk hidup jadi arang. Ilustrasi.
Foto: NASA/JPL-Caltech/ IPAC
Studi terbaru menemukan tabrakan asteroid dapat mengubah makhluk hidup jadi arang. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Momen terakhir dari kehidupan beberapa mikroba mungkin memberi tahu lebih banyak tentang seberapa serius dampak batuan luar angkasa di Bumi di masa lalu. Studi terbaru menunjukkan, mayat mikroorganisme hangus yang terbunuh bahkan oleh dampak asteroid sedang dapat menunjukkan jumlah kerusakan yang dihasilkan oleh tabrakan kosmik.

Sebuah tim peneliti memeriksa empat kawah di Estonia, Polandia, dan Kanada yang tercipta terpisah ribuan tahun. Terlepas dari jarak geografis dan jumlah waktu antara berbagai dampak ini, tim menemukan potongan arang berukuran milimeter ke sentimeter bercampur dengan bahan yang terbentuk selama masing-masing benturan tersebut, kata para penulis.

Baca Juga

"Arang terbentuk dari organisme yang terbunuh, dipanggang, dan dikubur oleh asteroid,” ungkap penulis utama Anna Losiak, yang bekerja di Institut Ilmu Geologi di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia, kepada Space. Penemuan organisme asteroid kuno itu berbeda dari arang yang terkait dengan kebakaran hutan normal, yang merupakan hipotesis utama tim untuk sementara waktu.

Arang yang terbentuk akibat benturan alih-alih api jauh lebih homogen dan menunjukkan suhu pembentukan yang lebih rendah. Losiak mengatakan dampak arang yang ditemukan di kawah serupa, tetapi tidak identik, dengan arang yang terbentuk ketika kayu bercampur dengan aliran piroklastik. Aliran piroklastik terbentuk dari letusan gunung berapi. Kawah benturan-yang hanya berdiameter hingga 656 kaki (200 meter) - terbentuk 200 tahun atau lebih dan dengan demikian menghadirkan banyak peluang untuk mempelajari kondisi formasi.

“Kebanyakan orang tertarik pada tabrakan raksasa karena mampu menyebabkan kerusakan skala planet, pengurangan dinosaurus adalah yang terbaik, dan sejauh ini satu-satunya, contoh dari peristiwa semacam ini,” katanya mengacu pada peristiwa asteroid yang menyebabkan kepunahan dinosaurus non-unggas 66 juta tahun yang lalu.

Losiak pertama kali menemukan arang misterius di dekat kawah benturan kecil di Estonia. Dia mulai bekerja selama kesempatan sekolah musim panas sebagai Ph.D. dan kemudian kembali setahun kemudian untuk memimpin sebuah proyek untuk mengungkap dan mempelajari tanah palem. Paleosoil, katanya, merupakan tanah purba yang tertutup material yang dikeluarkan dari kawah selama pembentukannya.

Ternyata, tim tidak pernah menemukan paleosil. Namun setelah tiga hari menggali dengan tangan, kebutuhan yang memakan waktu karena perlindungan lingkungan, timnya menemukan arang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement