Senin 22 Jun 2020 10:32 WIB

Ilmuwan Usulkan Cara Cegah Tabrakan Asteroid

Ilmuwan akan mengikat asteroid berbahaya dengan kabel raksasa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar permukaan asteroid Bennu.
Foto: nasa
Gambar permukaan asteroid Bennu.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Banyak cara diusulkan untuk menghamau ancaman asteroid yang berbahaya bagi bumi. Salah satunya dengan memukul asteroid dengan proyektil. Namun, aksi itu masih membawa efek samping berupa pecahan yang mungkin masih berbahaya.

Dilansir di Engadget, Senin (22/6) disebutkan, para peneliti mungkin memiliki solusi yang lebih aman. Mereka mengusulkan untuk mengikat asteroid yang mengancam ke asteroid yang lebih kecil. Metode ini melibatkan kabel raksasa.

Baca Juga

Pusat massa akan berubah ketika asteroid berbahaya dan asteroid kecil terikat bersama. Dengan begitu jalur asteroid bisa lebih aman tidak menabrak Bumi.

Para ilmuwan tentu tidak dapat menguji ini dalam kehidupan nyata. Mereka menggunakan simulasi pada asteroid Bennu untuk melihat seberapa baik ide mereka akan bekerja. Mereka mengatakan rencana ini layak untuk melindungi planet ini dalam berbagai kondisi.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Metode ini membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk diterapkan daripada memukul asteroid dengan pesawat ruang angkasa atau proyektil.

Ini akan bekerja dengan baik dengan sistem deteksi dan respons yang terkoordinasi, tetapi mungkin terlalu banyak waktu jika pengamat tidak siap.  Ini tentunya adalah rencana cadangan, dan mungkin diperlukan saat kemungkinan asteroid memasuki jalur tabrakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement