Rabu 27 Sep 2023 15:38 WIB

Detik-Detik Mengharukan Sampel Asteroid Tiba di Bumi

Sampel misi OSIRIS-REx turun sejauh 133 km dari luar angkasa ke dasar gurun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kapsul pengembalian sampel misi OSIRIS-REx turun sejauh 133 km dari luar angkasa ke dasar gurun.
Foto: NASA
Kapsul pengembalian sampel misi OSIRIS-REx turun sejauh 133 km dari luar angkasa ke dasar gurun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Suasana sangat hening di Dugway Proving Ground Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) saat semua mata tertuju pada kapsul pengembalian sampel misi OSIRIS-REx selama turun sejauh 133 km dari luar angkasa ke dasar gurun. Perencanaan, penyelesaian masalah, dan kesabaran selama hampir 20 tahun mencapai puncaknya dalam operasi pemulihan yang dramatis dan diatur dengan baik yang terjadi di salah satu pangkalan Angkatan Darat paling terpencil dan terisolasi di kontinental Amerika Serikat. 

Kecemasan yang dirasakan oleh para penonton terlihat jelas ketika empat helikopter yang dioperasikan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) dan Angkatan Udara AS lepas landa setelah pukul 07.00 waktu setempat dari Michael Army Airfield. Mereka menuju ke barat laut menuju pasir tandus di Utah Test and Training Range (UTTR) milik Departemen Pertahanan AS hampir satu jam sebelum kapsul berisi sampel asteroid Bennu yang tak ternilai harganya memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 27.000 mph atau 43.450 km/jam. 

Baca Juga

Namun, emosi jauh lebih tinggi di dalam salah satu helikopter yang menunggu kapsul tersebut. Dalam konferensi pers yang diadakan pada Ahad (24/9/2023) di hanggar di Michael Army Airfield, Dante Lauretta, peneliti utama misi OSIRIS-REx, menggambarkan apa yang ada dalam pikirannya saat menaiki helikopter pemulihan ke zona pendaratan kapsul. Lauretta sedang dalam perjalanan untuk melihat apakah misi yang telah dia rencanakan selama dua dekade dalam hidupnya akan berakhir dengan pemulihan yang sukses atau dengan kawah berasap di gurun Utah. 

“Saya hanya mencoba untuk memastikan saya tidak benar-benar putus asa di depan penonton internasional, kan? Ini seperti, oke, Anda harus tetap bersama,” kata Lauretta mengenai ketidakpastian awalnya tentang apakah kedua parasut kapsul telah terbuka sesuai desain atau tidak. 

Untunglah, beberapa menit kemudian, terdengar kabar bahwa parasut utama memang dikerahkan. Segera setelah itu, Lauretta menerima kabar bahwa pendaratannya sukses besar. 

“Saat itulah saya melepaskannya secara emosional. Anda tahu, air mata mengalir di masa saya. Saya seperti, oke, hanya itu yang perlu saya dengar. Mulai saat ini, kami tahu apa yang harus dilakukan. Kami aman. Kami sampai di rumah. Kami berhasil,” ujarnya, dilansir Space, Rabu (27/9/2023). 

Lauretta menjelaskan lebih lanjut tentang ketegangan dan pelepasan yang dia alami saat dia menunggu untuk mendengar apakah parasut kapsul telah terbuka penuh saat melaju melalui atmosfer. 

“Saya tahu hal-hal seharusnya terjadi pada jangka waktu nominal bahwa saya tidak menerima panggilan keluar. Tapi sekali lagi kita bisa saja kehilangan radio di sana. Kemudian kami mendengar ‘parasut utama terdeteksi,’ dan saya benar-benar menangis,” katanya. 

“Saya tahu saat parasutnya dibuka, itulah saatnya. Kami tahu apa yang harus dilakukan,” ujar Lauretta. “Tidak ada kejutan yang tersisa. Dan itu adalah kelegaan yang luar biasa, rasa syukur, kebanggaan, kekaguman, dan benar-benar berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa saya tidak sedang bermimpi; bahwa itu tidak benar-benar terjadi; bahwa parasutnya terbuka; bahwa kapsulnya akan turun; dan kami memiliki harta karun sains itu,” katanya. 

Ketidakpastian mengenai parasut tersebut disebabkan oleh fakta bahwa tim misi tidak dapat menentukan apakah saluran peluncuran kapsul telah dikerahkan atau belum. Parasut drogue biasanya adalah parasut kecil yang dipasang dari pesawat yang bergerak dengan kecepatan tinggi untuk memperlambat pesawat, menstabilkan pergerakannya, atau membantu menyebarkan parasut utama kedua yang lebih besar. 

Dari sudut pandang mereka di darat dan di beberapa pesawat yang menyediakan rekaman langsung kembalinya kapsul tersebut ke Bumi, tim pemulihan tidak dapat melihat apakah parasut drogue berukuran 80 cm telah dipasang pada ketinggian 31.181 meter sesuai rencana. 

Selama konferensi pers pasca pendaratan pada Ahad (24/92023), Mike Moreau, wakil manajer proyek untuk misi OSIRIS-REx di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Maryland, menjelaskan bahwa meskipun timnya masih tidak yakin apakah parasut drogue dikerahkan atau tidak, ini pada akhirnya menjadi poin yang diperdebatkan karena parasut utama memang benar-benar terbuka. 

“Kami tidak tahu apakah parasut drogue dikerahkan. Karena kami tidak tahu apakah kami bisa melihatnya dalam gambar. Gambar yang kami lihat tidak positif,” kata Moreau. “Apa yang kami ketahui adalah bahwa parasut utama keluar. Itu keluar sedikit lebih awal dari yang kami perkirakan, namun perbedaan waktu tersebut berada dalam kelompok variasi yang kami harapkan dari yang kami perkirakan, namun perbedaan waktu tersebut berada dalam kelompok variasi yang kami harapkan dari atmosfer. Jadi, itu bukanlah sebuah kejutan bagi kami,” ujarnya. 

Meskipun keberhasilan pendaratan kapsul mungkin merupakan akhir dari tahap misi ini, baik peluncuran pesawat luar angkasa atau tidak, hal ini menandai awal dari babak baru ilmu pengetahuan yang inovatif. Lauretta dan ilmuwan lain di seluruh dunia kini dapat mulai mempelajari sampel dan menganalisis komposisi Bennu untuk mendapatkan informasi tentang sejarah kimia tata surya kita. 

Sampel batuan dan debu yang diambil dari asteroid Bennu akan dibagi untuk dipelajari di antara berbagai lembaga ilmiah dan badan antariksa guna membantu para ilmuwan di seluruh dunia mulai menjawab beberapa pertanyaan paling mendesak tentang lingkungan kosmik kita, bahkan mungkin membantu kita memahami bagaimana kehidupan dimulai di Bumi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement