Selasa 04 Feb 2020 05:27 WIB

Apple Maps Hidup Kembali Setelah Tujuh Tahun 'Mati Suri'

Apple mengumumkan meluncurkan versi Maps baru dan lebih baik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Setelah
Foto: Flickr
Setelah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pengguna perangkat Apple mungkin masih ingat dengan Apple Maps. Aplikasi ini diluncurkan Apple pada 2012 silam. Namun, keberadaannya dinilai buruk.

CEO Apple, Tim Cook, bahkan meminta maaf dan mendorong pengguna Apple untuk menggunakan software lain. Hasilnya, tentu Google yang berkuasa dengan Google Maps yang hampir dipakai semua orang di seluruh dunia.

Baca Juga

Namun, hal tak terduga justru dilakukan Apple. Setelah 'mati suri' selama kurang lebih tujuh tahun, Apple tenryata memperbaharui Apple Maps.

Dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu, Apple mengumumkan meluncurkan versi Maps baru dan lebih baik pada setiap pelanggan di Amerika Serikat (AS). Dilansir dari Inc.com, Selasa (4/2), berikut sejumlah perbedaan yang ditampilkan Maps terbaru Apple.

Pertama, Privasi. Privasi tampaknya menjadi bagian penting dari rencana Apple untuk menggunakan Google.

“Kami mulai membuat aplikasi peta terbaik dan paling pribadi di planet ini dengan privasi pada intinya,” kata Wakil Presiden Senior Apple untuk Perangkat Lunak dan Layanan Internet, Eddy Cue.

Fitur Apple Maps tidak terhubung ke ID Apple. Fitur yang dipersonalisasi itu, seperti menyarankan waktu keberangkatan untuk membuat janji temu berikutnya, dibuat menggunakan kecerdasan di perangkat.

Data yang dikirim ke Apple untuk meningkatkan aplikasi hanya terkait dengan pengidentifikasi acak yang terus diatur ulang. Dengan begitu, pengguna individu tidak dapat diidentifikasi.

Mungkin fitur yang paling menarik, yakni ketika Anda mencari informasi lokasi, Apple menggunakan proses yang disebut fuzzing yang mana mengubah lokasi yang tepat. Kemudian, peta tidak menyimpan riwayat dari apa yang telah telah dicari atau di mana pengguna berada.

Kedua, Lihat Sekitar. Anda familiar dengan Google Street View? Apple Maps sekarang memiliki Lihat Sekitar yang fungsinya sangat mirip dengan Street View dengan resolusi tinggi, fotografi 3D yang menyediakan citra tingkat jalan.

Apple mengatakan pihaknya mengirim mobil dan pesawat terbang yang mencakup jutaan mil di Amerika Serikat untuk membuat gambar. Sejauh ini, fitur Lihat Sekitar mencakup sejumlah kota di AS, kemudian akan diperluas ke Eropa pada akhir tahun ini.

Ketiga, Info Transit dan Peta dalam Ruangan. Apple bukan satu-satunya aplikasi peta yang menawarkan informasi transit waktu nyata.

Tetapi sebagai seseorang yang bepergian di beberapa kota besar selama bertahun-tahun, fitur itu akan sangat disambut baik. Versi Apple mencakup rincian jadwal transit terperinci, waktu keberangkatan langsung, waktu kedatangan, lokasi bus atau kereta api saat ini dalam perjalanan, dan koneksi sistem.

Saat ini tersedia di Wilayah Teluk San Francisco, Washington DC, New York, Los Angeles. Fitur ini juga menyediakan peta bandara dan pusat perbelanjaan dalam ruangan. Dengan hanya membuka aplikasi Maps, pengguna dapat melihat level apa yang mereka pakai, lokasi toilet, dan bahkan toko dan restoran mana yang terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement