Rabu 13 Feb 2019 09:42 WIB

Mengapa Beruang Kutub Menyerbu Desa di Rusia?

Es yang mencair membuat beruang kutub harus mencari makan hingga ke desa.

Gambar yang diambil dari video menunjukkan ibu beruang kutub dan dua anaknya berjalan di perumahan di Belushya Guba, Nova Zemiya, Rusia, Senin (11/2). 50 beruang sudah tampak di kota Belushya Guba.
Foto: AP
Gambar yang diambil dari video menunjukkan ibu beruang kutub dan dua anaknya berjalan di perumahan di Belushya Guba, Nova Zemiya, Rusia, Senin (11/2). 50 beruang sudah tampak di kota Belushya Guba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kombinasi es laut yang semakin menipis dan sampah yang menumpuk dapat menarik gelombang besar beruang kutub ke kota-kota di kepulauan Rusia. Ini adalah skenario terburuk bagi beruang kutub dan orang-orang karena kedekatan meningkatkan potensi konflik.

Seperti dilaporkan The Washington Post setidaknya 52 beruang kutub telah mengunjungi Desa Belushya Guba di Pulau Novaya Zemlya di Rusia Utara selama beberapa bulan terakhir. Beruang memasuki rumah dan gedung perkantoran, mendorong pejabat untuk menyatakan keadaan darurat.

Video ditemukan oleh The Guardian yang dimaksudkan untuk menunjukkan invasi beruang menunjukkan mereka makan di tempat pembuangan sampah setempat. Persis seperti yang diharapkan para ahli mengingat akses yang mudah ke sampah di kota dan es laut yang menyusut di mana beruang kutub biasanya berburu. Ini adalah pratinjau dari apa yang akan terjadi karena perubahan iklim terus mengurangi es laut menjadi Arktik yang mencair.

Direktur senior konservasi di nirlaba Polar Bears International, Geoff York, mengatakan serangan beruang kutub terhadap orang-orang secara historis jarang terjadi. "Beruang kutub melihat orang, orang melihat beruang kutub, semua orang berjalan pergi," katanya seperti dilansir dari laman The Verge, Rabu (13/2).

Tapi yang dikhawatirkan adalah ketika beruang dan orang-orang hidup berdekatan, risiko konflik meningkat. Dan makanan manusia adalah daya tarik utama bagi beruang dari segala jenis, itulah sebabnya perkemahan di daerah-daerah dengan beruang hitam dan cokelat memberi tahu berkemah untuk mengepak makanan dan membuang sampah ke dalam wadah tahan beruang.

Menurut Profesor di Universitas Alberta yang telah bekerja dengan beruang kutub selama lebih dari 45 tahun, Ian Stirling, untuk beruang kutub sumber makanan lain sulit didapat saat ini. Untuk berburu anjing laut, beruang kutub membutuhkan es laut. Jadi pada saat ini, Anda biasanya tidak akan melihat beruang kutub di darat. Tahun ini, es laut belum terbentuk di sisi barat Novaya Zemlya, dan beruang tidak bisa berburu seperti biasanya.

"Pemanasan iklim adalah apa yang mendorong beruang di darat di sisi barat," katanya.

Tapi ceritanya juga lebih rumit daripada beruang kutub yang kelaparan mencari makanan di mana pun mereka bisa menemukannya. Klip video yang mengklaim memperlihatkan penduduk baru Novaya Zemlya yang berbulu menunjukkan beruang yang jelas menemukan cukup makanan. Menurut Stirling dan Douglas Clark, seorang profesor asosiasi dan ketua penelitian di Universitas Saskatchewan, semua beruang tampak gemuk.

Tempat sampah lalu menjadi sasaran empuk bagi beruang. Isi sampah adalah sumber kalori yang mudah untuk beruang. Tentu saja sampai beruang belajar kebiasaan buruk yang menempatkan mereka dalam konflik dengan manusia, seperti berjalan-jalan ke rumah.

"Beruang bernutrisi sangat baik pada sampah, tetapi akhirnya mereka tertembak," kata Clark.

Beruang-beruang itu mungkin tidak akan pergi sebelum mereka makan semua yang mereka bisa, menurut Anatoly Kochnev  seorang ilmuwan senior yang mempelajari ekologi mamalia di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Bila dulu beruang harus kerja keras untuk menangkap anjing laut, sekarang Kochnev mengatakan dengan masuk ke area manusia beruang kutup seperti menemukan restoran mewah.

Kekhawatirannya adalah beruang cenderung kembali ke daerah di mana mereka telah menemukan makanan, terutama bagi beruang anak. Jika mereka tahu ada prasmanan sampah sepuasnya di tempat sampah lokal, di situlah mereka akan kembali. "Beruang sangat tradisional. Mereka selalu ingat tempat-tempat di mana ada sesuatu untuk dimakan, apakah itu tempat sampah atau paus mati."

Kochnev mengatakan bahwa membuang semua sampah di kota-kota di Novaya Zemlya akan menjadi kunci. "Anda harus menghancurkan segala sesuatu yang menarik beruang kutub," katanya.

Itulah yang dilakukan oleh kota Churchill di Manitoba, Kanada. Churchill adalah tempat berkunjungnya beruang kutub yang populer, dan pada pertengahan 2000-an, kota itu menutup tempat pembuangan sampah lokal dan menutup sampah di sebuah gudang yang kemudian dikenal sebagai sampah Alcatraz.

Dalam jangka pendek, bahkan pagar dari tempat pembuangan sampah Rusia dengan pagar listrik bisa membantu, kata Clark. "Ini benar-benar, pekerjaan yang sangat sulit sekarang, dan semua orang melihat mereka."

Kochnev juga merekomendasikan mendirikan patroli untuk mengusir beruang yang memasuki kota. Tindakan pencegahan semacam ini akan menjadi kunci dalam jangka panjang, katanya. "Kalau tidak, semua orang akan menderita, baik manusia maupun beruang."

Beruang kemungkinan akan meninggalkan kota jika es laut terbentuk pada bulan Maret, kata Stirling, tetapi mereka kemungkinan akan kembali ke Novaya Zemlya dan tempat lain karena es laut terus menyusut. Situasi di Novaya Zemlya adalah pratinjau dari apa yang akan datang karena iklim terus menghangat.

"Apa yang kita lihat di Novaya Zemlya adalah pertanda masa depan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement