Jumat 28 Dec 2018 11:19 WIB

10 Temuan Sains Paling Aneh Setahun Terakhir

Temuan sains, mulai dari perilaku unik gagak hingga belut di hidung anjing laut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Anjing laut dengan belut yang terjebak di hidungnya.
Foto: Sara Gummesson; Antiquity 2018
Peneliti menemukan kuburan bawah air di Swedia dengan tengkorak tanpa tulang rahang.

Api di langit

Saat April Mop, kebakaran tampak di langit Cina. Api yang menyala itu diduga karena stasiun ruang angkasa Cina kuno bernama Tiangong-1 jatuh dari langit. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa hal itu terjadi karena itu seperti tidak terkendali. Sebagian besar terbakar di atmosfer, tetapi beberapa bagian yang lebih besar berakhir di Samudra Pasifik Selatan.

Kuburan bawah air

Para arkeolog di Swedia menemukan sebuah kuburan bawah air berusia 8.000 tahun yang berisi tengkorak manusia yang sudah hancur dan tak memiliki rahang. Temuan ini membingungkan, tidak jelas siapa orang-orang ini dan mengapa mereka dimakamkan di tumpukan batu di bawah air dengan tulang-tulang hewan yang dipotong-potong. Temuan ini pernah diberitakan sebagai kuburan bawah air yang mengerikan.

Roket buatan

Pada Maret lalu, seorang Earther bernama "Mad" Mike meluncurkan dirinya dengan roket uap buatan sendiri dalam sebuah misi untuk membuktikan bumi itu datar. Dia tak peduli meskipun menurut ilmu pengetahuan planet bumi itu tidak datar.  Pria berusia 61 tahun itu telah belajar sendiri ilmu roket dan mengumpulkan uang untuk menciptakan roketnya yang dinamai DIY.

Dia mencapai ketinggian hampir 1.900 kaki, yang jauh dari ketinggian tempat sebagian besar pesawat terbang. Dia mengatakan akan mencoba meluncurkan dirinya lebih tinggi lagi di lain waktu.

Lampu luar angkasa berkedip

Para ilmuwan dengan proyek Breakthrough Listen telah menggunakan kecerdasan buatan untuk menemukan lebih banyak ledakan radio yang cepat, kilatan cemerlang di ruang angkasa.

Kecerdasan buatan membantu para peneliti memecahkan kode cahaya radio yang misterius dan cepat yang meledak ke Bumi dari galaksi yang berjarak 3 miliar tahun cahaya. Sebanyak 21 dari ledakan aneh terdeteksi dalam satu jam di 2017, dan sekarang analisis neural-net mengungkapkan 72 lebih banyak kilatan cahaya pada hari yang sama. Para ilmuwan masih belum tahu proses alami apa yang memicu rentetan ledakan kuat.

Koktail khusus

Sebuah bar di Kanada menyajikan minuman yang tidak biasa. Koktail di sana disajikan bersama jari kaki yang sudah diawetkan. Sourtoe Cocktail yang terkenal itu telah menjadi minuman khas di bar Yukon terpencil selama beberapa dekade.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement