Jumat 28 Dec 2018 11:19 WIB

10 Temuan Sains Paling Aneh Setahun Terakhir

Temuan sains, mulai dari perilaku unik gagak hingga belut di hidung anjing laut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Anjing laut dengan belut yang terjebak di hidungnya.
Foto: NOAA Fisheries/Brittany Dolan
Anjing laut dengan belut yang terjebak di hidungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam satu tahun terakhir, tentunya tidak sepi dari penelitian. Live Science dan Space.com berhasil mengumpulkan daftar temuan sains yang unik selama 2018.

Gagak yang berhubungan seks dengan gagak mati

Gagak dapat melakukan beberapa hal yang sangat menakjubkan. Hewan yang tergolong cerdas ini punya kemampuan menggunakan alat dan dapat memecahkan teka-teki.

Mereka juga, kadang-kadang, berhubungan seks dengan sesamanya yang mati. Para ilmuwan meletakkan gagak mati di tanah dan menyaksikan bagaimana gagak lain bereaksi. Tidak jelas mengapa gagak mulai sibuk dengan hewan mati, tetapi mungkin ini merupakan respons yang membingungkan antara membaurnya agresi dan seks.

Dua Skutoid Berdekatan

Apakah Anda pernah mendengar tentang skutoid? Bentuk baru ini memiliki sisi-sisi yang miring dan tampilan prisma yang bengkok. Bentuk ini kemungkinan ada di dalam diri manusia. Menurut para ilmuwan, beberapa sel dapat membentuk skutoid ke dalam kurva organ-organ manusia.

photo
skutoid

Manekin SpaceX

Manekin SpaceX milik StarX terlihat di dalam Tesla Roadster merah Elon Musk tak lama setelah diluncurkan pada 6 Februari 2018. Pada 2 November, keduanya berada di luar orbit Mars.

Pada 2 November, keduanya berada di luar orbit Mars. Pada Februari, SpaceX meluncurkan roket Falcon Heavy pertamanya. Elon Musk kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa foto-foto yang diambil dari Tesla adalah dari luar angkasa. Karena cahaya di ruang angkasa tidak harus melewati udara yang diisi dengan partikel debu dan kelembaban, foto di sana terlihat lebih tajam.

Chow Berjamur

Peluncuran kargo SpaceX besar-besaran ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ditunda tahun ini karena makanan tikus yang berjamur. Para insinyur melihat sedikit jamur pada menit terakhir saat menaikkan tikus ke pesawat. Mereka harus mengeluarkan banyak kargo untuk mengganti sisa chow berjamur. Personel SpaceX bekerja secepat yang mereka bisa, tetapi tidak bisa membongkar semuanya untuk menghindari penundaan 24 jam.

Anjing Laut dengan Belut

Anjing laut Hawaii terlihat dengan belut di hidungnya. Para ilmuwan mengatakan ini jarang terjadi, tetapi tidak pernah terjadi.

Anjing laut itu terlihat tidak nyaman dengan belut di hidungnya. Meskipun ini adalah kejadian yang langka, namun itu semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir dan para ilmuwan tidak tahu apa alasannya. Mereka mengira belut itu masuk ke lubang hidung anjing laut karena panik atau anjing laut menganggap makanan belut seperti manusia mengendus spageti.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement