Jumat 30 Nov 2018 12:02 WIB

Youtube Miliki Fitur Stories seperti Instagram

Pengguna Youtube Stories dibatasi pada kreator dengan pengikut di atas 10 ribu.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtube menghadirkan fitur terbaru bagi para kreatornya. Fitur tersebut menyerupai fitur Stories yang terdapat di Instagram.

Kreator yang sudah memiliki 10 ribu pengikut, memiliki kesempatan menggunakan fitur ini. Dilansir dari The Verge, ada beberapa perbedaan mendasar antara fitur Stories di Instagram dengan yang dimiliki Youtube.

Jika Stories Instagram hanya bisa dilihat dalam waktu 24 jam, fitur pada Youtube bisa bertahan hingga tujuh hari. Tidak hanya bagi pengikut, akun yang bukan pengikut pun bisa bisa melihat Stories dari para kreator.

Stories ini akan muncul pada kolom Up Next di samping video. Kreator yang menggunakan fitur tersebut juga bisa memberikan respons dan berinteraksi dengan pengikutnya.

Uniknya, respons dan interaksi itu bisa dilihat oleh siapa saja yang membuka Stories. Pengikut juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di Stories dan kreator bisa memperlihatkan respons secara umum.  

Youtube Stories ini pertama kali diperkenalkan pada November 2017. Fokus dari fitur ini untuk merangkul komunitas dan saluran promosi lebih dari unggahan video hari per hari. Kreator bisa memperlihatkan bagaimana proses di balik layar terciptanya sebuah konten video atau memberi bocoran tentang rencana kolaborasi.

Kemunculan fitur ini mendapat berbagai macam respons dari dari para penggunanya. Ada yang memberi dukungan, saran dan tidak sedikit pula yang melayangkan kritikan.  

"Kematian Youtube semakin terlihat. Jika Youtube berhenti meniru media sosial lain dan mengembangkan fitur lama, masih ada kesempatan untuk mempertahankan pengguna," kata salah seorang pengguna situs Reddit.  

Bahkan kretaor terkenal seperti Philip DeFranco juga berkomentar tentang fitur terbaru ini. "Youtube 'Stories' sangat aneh. Mereka bertahan selama 7 hari, orang bebas berkomentar, tapi hanya bisa dibalas dengan video lain, ada banyak kekurangan, buat saya ini seperti peluang yang hilang. Berpotensi tapi saya skeptis," tulis Philip di Twitter.

Bagi yang ingin mencoba fitur baru ini, caranya cukup mudah. Buka aplikasi Youtube di aplikasi mobile, ketuk gambar kamera dan pilih "Creating Story".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement