Kamis 23 Aug 2018 14:55 WIB

Kamera Galaxy Note 9 Lebih Pintar Baca Objek Foto

Tidak ada lagi hasil foto jelek dengan Note 9.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Samsung Galaxy Note 9 resmi dirilis di Indonesia, Kamis (23/8),  dengan keunggulan Intelligence Camera dan Screen Optimizer.
Foto: Republika/Nora Azizah
Samsung Galaxy Note 9 resmi dirilis di Indonesia, Kamis (23/8), dengan keunggulan Intelligence Camera dan Screen Optimizer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu lalu, Samsung resmi melakukan peluncuran Galaxy Note 9 di New York, Amerika Serikat. Setelah melakukan pre-order di Indonesia, kini Samsung resmi merilis seri flagship tersebut di dalam negeri. Mulai besok, Jumat (24/8), Galaxy Note 9 sudah bisa dibeli secara luring atau offline.

Pertanyaan yang sering muncul, yakni terkait perbedaan Galaxy Note 8 dan Note 9. Tidak hanya itu, keunggulan Note 9 dari tipe S9 juga sering dipertanyakan. IT and Mobile Marketing Director Samsung Electronics Indonesia (SEI) Jo Semidang mengatakan, Galaxy Note 9 lebih unggul dari segi kamera dibandingkan tipe sebelumnya.

"Kami membawa teknologi intelligence camera dan screen optimizer pada Note 9," kata Jo, dalam acara Peluncuran Galaxy Note 9 di Jakarta, Kamis (23/8). Kamera Note 9 menonjol dari segi kepintaran membaca objek. Kamera pintar dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) tersebut memberikan beberapa fitur yang mempermudah memotret objek.

Salah satu kepintarannya, kamera bisa mendeteksi apabila di dalam foto grup terdapat objek foto yang 'merem' atau menutup mata, dan blur. Pada layar, pengguna akan mendapat notifikasi tertulis dan melingkari objek foto yang dianggap kurang sesuai. Hal ini memudahkan pengguna untuk menangkap gambar lebih baik saat melakukan foto bersama.

Jo menjelaskan, kamera juga akan memberi informasi apabila lensa kotor dan buram dalam bentuk notifikasi teks di layar. Pesan pengingat akan diberikan sesaat setelah pengguna menangkap gambar. Peringatan juga diberikan apabila gambar diambil backlight atau membelakangi cahaya. Dengan demikian pengguna bisa mengubah posisi pengambilan foto.

Note 9 juga dibekali screen optimizer, yakni kepintaran kamera dalam mendeteksi objek foto. Biasanya, pengguna harus mengatur terlebih dahulu fitur pengambilan foto sebelum memotret objek. Misalnya, ketika mengambil foto pemandangan atau makanan akan menggunakan fitur yang berbeda. Dengan screen optimizer pengaturan tersebut sudah dilakukan secara otomatis.

Saat akan mengambil gambar, kamera langsung mendeteksi objek dan memberikan informasinya pada layar. Sebagai contoh, ketika ingin mengambil foto pemandangan di hutan maka terdapat objek bunga, pohon, dan lain sebagainya. Kamera dengan mudah bisa mengenalinya sehingga gambar yang diambil lebih sempurna.

"Tidak ada lagi hasil foto jelek dengan Note 9," jelas Jo. Dua teknologi kamera pada Note 9 tidak ada pada Note 8. Sementara bila dibandingkan dengan S9, kamera mempunyai kemampuan serupa hanya saja S9 tentunya tidak dilengkapi dengan S-pen yang menjadi andalan pada seri Galaxy Note. Samsung Galaxy Note 9 dibanderol mulai dari harga Rp 13,5 juta per unit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement