Selasa 02 Oct 2018 07:55 WIB

Memotret Sunset dengan Samsung Galaxy Note 9

Foto sunset tak mungkin didapatkan dengan setting kamera otomatis.

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Reiny Dwinanda
Dengan sedikit kreativitas, hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 9 bisa memperlihatkan pemandangan dramatis meski alam tak terlalu mendukung untuk mengabadikan sunset.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Dengan sedikit kreativitas, hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 9 bisa memperlihatkan pemandangan dramatis meski alam tak terlalu mendukung untuk mengabadikan sunset.

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Memotret momen tenggelamnya matahari memang tak selamanya mudah. Terkadang, alam tak mendukung hasrat untuk mengabadikan sunset.

Ada kalanya mendung hanya menyisakan sedikit semburat oranye di langit. Bulatnya mentari tak tampak sama sekali.

Kalau itu terjadi, pemilik Samsung Galaxy Note 9 tak bakal kecewa. Kembangkan saja kreativitas dan aktifkan mode Pro untuk memotret senja.

Fotografer dan videografer profesional Kay Moreno menjelaskan foto sunset terbaik tak mungkin didapat dengan mode otomatis. Kamera yang di-set otomatis hanya akan menghasilkan gambar terjernih, tanpa memberikan kesan dramatis.

Setelah mode Pro aktif, atur mode tone warna ke vivid. Trik ini bisa membantu mendapatkan warna dengan saturasi yang tinggi.

Jika ingin mendapatkan siluet pepohonan di pinggir pantai berlatar langit oranye yang kontras dan dramatis, coba atur kamera Samsung Galaxy Note 9 Anda dengan ISO 50. Hasil jepretan Anda akan tanpa noise dengan pengaturan kamera seperti itu.

Berikutnya, atur bukaan lensa menjadi f/2.4 untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam. Setelah itu, untuk mengatur white balance (wb), masuk ke mode K dan coba setting-nya mulai dengan angka 8000 K.

"Atur naik atau turun hingga tampak warna yang diinginkan," ujar Kay saat memandu Republika.co.id mengabadikan sunset sebagai bagian dari Samsung Galaxy Note 9-Watch “The Powerful Generation Workshop”, Bintan, Kepulauan Riau, Senin.

photo

Fotografer profesional Kay Moreno mendemonstrasikan cara mengabadikan sunset dengan mode Pro menggunakan Samsung Galaxy Note 9, Bintan, Senin (1/10).

Andaikan langit sudah terlalu gelap, coba naikkan ISO sedikit sedikit sampai menjadi 400. Menurut Kay, sebaiknya ISO tidak lebih dari 400 demi hasil maksimal.

Turunkan juga angka shutter speed sedikit sampai ke angka 1/50. Di bawah 1/50, hasil foto bisa blur kalau pengguna belum terbiasa. Lantas, turunkan bukaan lensa menjadi f/1.5

Dengan Samsung Galaxy Note 9, Anda juga bisa memotret orang tanpa membuatnya menjadi siluet saat berpose dengan latar matahari terbenam. Untuk yang satu ini, silakan coba di mode Auto.

"Pastikan fitur HDR telah aktif," kata Kay.

Tentunya, latar langit yang memerah tak  akan mungkin didapat dengan setting Auto. “Mode Pro memungkinkan kita berkreasi seluas-luasnya,” ujar Kay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement