Selasa 21 Aug 2018 10:22 WIB

Skype Gunakan Enkripsi End-to-end untuk Chat Pribadi

Konten pesan hanya bisa dibaca oleh penerima dan pengirim.

Skype.
Foto: Reuters
Skype.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Januari tahun ini, Skype pernah mengumumnkan sedang menguji coba fitur chat berteknologi enkripsi end-to-end, yang diamankan dengan Signal Protocol dari Open Whisper System. Sekarang, fitur ini telah tersedia dan bisa dipakai oleh para pengguna Skype IoS, Android, Linux, Mac, dan Windows Desktop.

Untuk memulai Private Conversation, pilih "New Private Conversation" dari menu 'compose atau profil penerima. Penerima akan mendapatkan undangan, panggilan dan pesan yang terjadi dalam percakapan tersebut akan dienkripsi secara end-to-end hingga fitur ini dinonaktifkan.

Namun fitur ini ada batasannya. Pengguna hanya bisa berpartisipasi dalam satu percakapan pribadi dalam satu gawai pada saat itu.

Riwayat percakapn pribadi ini bisa dipindahkan ke gawai lain. Namun, semua hal yang terkirim dan diterima akan tetap terkait dengan gawai yang digunakan sebelumnya.

Sebelumnya, Skype menawarkan sejumlah bentuk enkripsi, namun enkripsi berteknologi end-to-end lebih aman mengingat konten pesan hanya bisa dibaca oleh penerima dan pengirim. Aplikasi ini bergabung dalam deretan platform chat yang menawarkan enkripsi end-to-end, seperti Apple's Imessage dan Facebook Messenger, yang juga menawarkan fitur tersebut sebagai pilihan, demikian mengutip The Verge.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement