Jumat 17 Nov 2023 13:34 WIB

Meta Dituding Abaikan Keselamatan Anak-anak, Mengapa?

Saat ini terjadi pandemi global pelecehan seksual terhadap anak secara daring.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rencana Meta untuk menerapkan teknologi enkripsi end-to-end dinilai memudahkan tindak kejahatan pelecehan seksual pada anak/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/META HANDOUT
Rencana Meta untuk menerapkan teknologi enkripsi end-to-end dinilai memudahkan tindak kejahatan pelecehan seksual pada anak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pakar perlindungan anak dengan keras mengkritik raksasa media sosial Meta atas rencananya untuk enkripsi end-to-end, dan menuduh perusahaan teknologi tersebut memprioritaskan keuntungan daripada keselamatan anak-anak. 

Dilansir Independent, Jumat (17/11/2023), Dimon Bailey, mantan kepala polisi yang merupakan pimpinan nasional untuk perlindungan anak di Dewan Kapolri, menuduh Meta “hilangnya tanggung jawab sosial dan moral” atas rencana tersebut. John Carr, sekretaris koalisi badan amal anak-anak Inggris Raya (UK) yang menangani keamanan internet, menyebut langkah tersebut “sama sekali tidak masuk akal”. 

Baca Juga

Komentar mereka muncul setelah kepala Badan Kejahatan Nasional Graeme Biggar mengatakan bahwa memperkenalkan enkripsi end-to-end di Facebook sama saja dengan “secara sadar menutup mata terhadap pelecehan anak.” 

Berbicara pada sebuah kuliah di Westminster awal bulan ini, kepala penegak hukum mengatakan bahwa pemerintahlah yang harus menentukan batas antara privasi dan keselamatan anak, bukan perusahaan teknologi. Meta menanggapinya dengan mengatakan pihaknya memiliki langkah-langkah kuat untuk memerangi penyalahgunaan dan berharap untuk membuat lebih banyak laporan kepada penegak hukum setelah enkripsi end-to-end diterapkan. 

Bailey mengatakan seiring dengan meningkatnya skala pelecehan seksual daring, dia juga melihat “perusahaan teknologi besar, seperti Meta, melepaskan diri dari segala tanggung jawab dalam menangani pelecehan seksual terhadap anak-anak secara daring.”

Menurut mantan kepala polisi itu, teknologi besar memfasilitasi dan melalui algoritma mereka, mendorong terjadinya penyalahgunaan ini. Menanggapi apa yang mereka ketahui dan lihat sebagai pandemi global pelecehan seksual terhadap anak secara daring, Bailey melanjutkan, mereka secara sadar memutuskan untuk mengambil jalan keluar yang mudah untuk mengatasi masalah tersebut. 

“Meta, salah satu pembawa terbesar pelanggaran ini, telah memutuskan untuk menerapkan enkripsi end-to-end secara default, dan secara efektif menghentikan kemampuan penegakan hukum untuk mengidentifikasi dan menangkap pelanggan, serta, pada akhirnya, melindungi anak-anak,” ujar Bailey. 

“Mereka menggunakan kedok privasi untuk membenarkan posisi mereka dan dengan melakukan hal tersebut, mereka terus mengedepankan keuntungan dibandingkan perlindungan anak. Sudah saatnya hilangnya tanggung jawab sosial dan moral mereka disorot dan ditantang,” kata dia. 

Sebagai informasi, enkripsi end to end adalah teknologi yang mampu mengamankan pesan teks, gambar, suara ataupun video dimana hanya penerima saja yang bisa mengakses pesan tersebut. Terenkripsi secara end-to-end artinya semua pesan Anda sudah diamankan dan hanya bisa diakses penerima yang dituju.

Carr, yang merupakan sekretaris Koalisi Amal Anak-Anak Inggris Raya untuk Keamanan Internet mengatakan jika diperkenalkan tanpa perlindungan yang tepat yang akan memungkinkan penegakan hukum untuk mendeteksi dan mencegah pelecehan seksual terhadap anak-anak secara daring, enkripsi end-to-end mengancam untuk mengabaikan keadilan bagi jumlah anak yang sangat besar. 

Dia juga menuturkan anak-anak adalah pengguna utama media sosial. Banyak sekali yang menggunakan platform Meta, termasuk Facebook Messenger dan Instagram Direct. 

Desain dan sifat platform ini, kata Carr, menjadikannya tempat yang sempurna bagi orang-orang berbahaya untuk menemukan, berteman, merawat, dan melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Jika enkripsi end-to-end diperkenalkan tanpa perlindungan yang tepat, Meta dituduh rela menutup mata terhadap penyalahgunaan yang terjadi secara daring. 

“Rencana mereka benar-benar tidak masuk akal, terutama ketika ada solusi teknologi di luar sana yang memungkinkan adanya enkripsi end-to-end dan pelecehan seksual terhadap anak dapat dideteksi, dilaporkan, dan keadilan dapat ditegakkan,” ujar Carr. 

Carr berpendapat perusahaan teknologi besar, seperti Meta, harus berpikir ulang sebelum memperkenalkan enkripsi end-to-end secara menyeluruh di seluruh platform mereka. Jika tidak, ribuan anak akan berada dalam risiko, dan kita akan gagal menyelesaikan masalah pelecehan seksual terhadap anak secara daring yang semakin meningkat. “Buat Meta yang lebih baik,inilah saatnya memprioritaskan keselamatan anak daripada keuntungan,” katanya. 

Rhiannon-Faye McDonald, kepala advokasi di Marie Collins Foundation, dirinya sendiri mengalami pelecehan seksual pada usia 13 tahun setelah seorang predator menghubunginya secara online. Dia berkata, “Saya kecewa karena Meta melanjutkan rencana mereka untuk meluncurkan enkripsi end-to-end adalah sebuah pernyataan yang meremehkan. Langkah-langkah yang menurut mereka akan diterapkan, yaitu menggunakan metadata untuk mengidentifikasi pola perilaku dan bukan konten, tidaklah cukup.”

“Sebagai korban pelecehan seksual terhadap anak-anak, ketika pelecehan yang saya alami didokumentasikan dan dibagikan secara online oleh pelaku, saya tidak bisa cukup menekankan dampak yang ditimbulkannya terhadap saya dan korban pelecehan lainnya,” ujar McDonald.

“Saya merasa ngeri bahwa gambar-gambar pelecehan dapat dibagikan ulang tanpa batas ke seluruh dunia tanpa ada harapan untuk diblokir atau dihapus. Bagaimana cara ini melindungi privasi saya?” katanya

McDonald mengatakan “sangat mengkhawatirkan” bahwa perusahaan-perusahaan teknologi besar “dapat secara sepihak membuat keputusan yang membatasi kemampuan kita melindungi anak-anak.” 

Juru bicara Meta menuturkan sebagian besar masyarakat Inggris sudah mengandalkan aplikasi yang menggunakan enkripsi untuk menjaga mereka tetap aman dari peretas, penipu, dan penjahat.

“Kami rasa orang-orang tidak ingin kami membaca pesan pribadi mereka, jadi kami menghabiskan lima tahun terakhir untuk mengembangkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk mencegah, mendeteksi, dan memerangi penyalahgunaan sambil menjaga keamanan daring,” ujar juru bicara Meta. 

Dia mengatakan Meta baru-baru ini menerbitkan laporan terbaru yang menguraikan langkah-langkah ini, seperti membatasi orang yang berusia di atas 19 tahun untuk mengirim pesan kepada remaja yang tidak mengikuti mereka dan menggunakan teknologi untuk mengidentifikasi dan mengambil tindakan terhadap perilaku jahat. 

“Saat kami meluncurkan enkripsi end-to-end, kami berharap dapat terus memberikan lebih banyak laporan kepada penegak hukum dibandingkan rekan-rekan kami karena upaya kami yang terdepan di industri dalam menjaga keamanan masyarakat,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement