Kamis 19 Jul 2018 22:51 WIB

Candi Aztec Berusia Delapan Abad Ditemukan di Meksiko

Candi tersebut ditemukan di atas PiramidaTeopanzolco

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Piramida Teopanzolco, yang mengandung arti kuil yang ditinggalkan, adalah salah satu dari peninggalan budaya suku Aztec yang rusak terdampak gempa.
Foto: DEA/G. Dagli Orti/Lonely Planet
Piramida Teopanzolco, yang mengandung arti kuil yang ditinggalkan, adalah salah satu dari peninggalan budaya suku Aztec yang rusak terdampak gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Sebuah candi kuno peninggalan suku Aztec ditemukan di Meksiko. Candi itu ditemukan tersembunyi di balik piramida Teopanzolco yang berlokasi di Cuernavaca, 70 kilometer di sebelah selatan Mexico City. 

Piramida Teopanzolco, yang mengandung arti kuil yang ditinggalkan, adalah salah satu dari peninggalan budaya suku Aztec yang rusak terdampak gempa. Pada September 2017 gempa berkekuatan 7,1 skala Richter mengguncang Meksiko dan merusakkan sejumlah bangunan. Oleh karena itu, piramida Teopanzolcodimasukkan dalam daftar pengecekan arkeolog dari Institut Nasional Antropologi dan Sejarah Meksiko.

Namun ketika melakukan pengecekan piramida, para peneliti menemukan bangunan bersejarah lain di bawahnya. Candi tersebut berukuran 6x4 meter dan berkorelasi dengan warga Tlauhica. Kelompok ini jugalah yang membangun piramida pada abad ke-13 di Meksiko. 

Ditemukannya candi dibawah piramida tak lepas dari kebiasaan mereka mendirikan bangunan baru di atas bangunan yang lebih lama. Maka tak heran candi yang lebih tua tersembunyi ratusan tahun di bawah piramida yang usianya lebih muda. 

Dilansir dari Lonely Planet, pada abad ke-15, Kerajaan Aztec mengosongkan candi-candi mereka. Satu abad kemudian, bangsa Spanyol untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Meksiko. Candi itu didedikasikan untuk dewa Aztec bernama Tlaloc. Tlaloc diyakini adalah dewa yang menguasai segala elemen air seperti hujan, badai, dan banjir. Tlaloc punya karakter ganda yang bisa menyebabkan kebaikan dan bencana. 

Oleh karena itu, suku Aztec menghormati sekaligus takut padanya.Selain menemukan bangunan candi, para peneliti dari Institut Nasional juga mendapati adanya dupa dan beberapa perabot berbahan keramik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement