Ahad 15 Jul 2018 07:05 WIB

Planet 'Alien' Terdekat Bumi Berpotensi Menunjang Kehidupan

Ahli belum mengetahui komposisi udara dan atmosfer di Ross 128B

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Planet 'Exoplanet' Ross 128B
Foto: NASA.com
Planet 'Exoplanet' Ross 128B

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Berjarak 11 juta tahun cahaya dari Bumi, terdapat sebuah planet sederhana bernama Ross 128b. Meski tak seperti Bumi, peneliti mengungkapkan bahwa planet berbatu ini memiliki potensi untuk menunjang kehidupan.

Peneliti dari Observatorio Nacional, Diogo Souto, mengatakan belum banyak yang diketahui mengenai potensi aktivitas geologis planet Ross 128b. Meski begitu, peneliti berhasil memperkuat bukti bahwa Ross 128b merupakan planet sederhana yang berpotensi memiliki air di permukaan planetnya.

"Kami berhasil memperkuat argumen bahwa ini merupakan planet sederhana yang mungkin berpotensi memiliki air di permukaannya," jelas Souto seperti dilansir FOX News.

Dalam penelitian terbaru ini, tim peneliti menganalisis bintang induk dari planet Ross 128b yaitu Ross 128. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan instrumen spektroskopi bernama Apache Point Observatory Galactic Experiment (APOGEE) yang terpasang pada sebuah teleskop di New Mexico.

APOGEE memiliki kemampuan untuk mengukur sinar inframerah-dekat di mana Ross 128 nampak paling terang. Ini merupakan kunci utama dari penelitian tersebut.

"Ini memungkinkan kami untuk menghadapi beberapa pertanyaan mendasar mengenai kemiripan Ross 128b dengan Bumi," jelas peneliti dari Carnegie Institution for Science Johanna Teske.

Data APOGEE mengungkapkan ada beberapa elemen kunci yang sangat banyak di Ross 128. Elemen-elemen ini meliputi karbon, oksigen, magnesium dan besi. Mengingat bintang dan planet-planet yang mengitarinya berada di satu materi awan mentah besar yang sama, informasi mengenai Ross 128 ini sedikit banyak juga mengungkapkan informasi mengenai karakteristik kunci dari Ross 128b.

Tim peneliti juga menghitung suhu di sekitar permukaan Ross 128. Suhu di permukaan Ross 128 diperkirakan sekitar 3.000 derajat Celcius. Tim peneliti lalu mengolah informasi ini dengan radius Ross 128b serta jarak orbit planet tersebut dari Ross 128. Informasi ini akan menunjukkan seberapa banyak energi bintang yang diterima planet Ross 128b dari sang bintang induk Ross 128.

Dari situ, tim peneliti dapat mengetahui seperti apa suhu di planet Ross 128b. Temuan tim peneliti menunjukkan bahwa planet Ross 128b memiliki suhu sekitar 21 derajat Celcius.

Meski begitu, temuan mengenai suhu di planet Ross 128b belum bisa dianggap sebagai kepastian. Alasannya, suhu suatu planet akan sangat bergantung pada ketebalan dan komposisi atmosfer yang dimiliki. Hingga saat ini, belum banyak hal yang diketahui mengenai kondisi udara di Ross 128b. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement