Senin 05 Feb 2018 13:13 WIB

Android P Tambah Fitur Rekaman Panggilan Asli

Diharapkan fitur Android P dapat mencakup kebutuhan untuk rekaman panggilan asli.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini pada ponsel pintar Android terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam panggilan. Namun Google saat ini belum menawarkan rekaman panggilan tersebut sebagai fitur asli.

Kini dilaporkan bahwa fitur tersebut akan terdapat pada pembaharuan sistem berikutnya untuk android, Android P. Diharapkan fitur Android P dapat mencakup kebutuhan untuk rekaman panggilan asli. Google akan mengungkapkan detail Android P dalam beberapa bulan kedepan.

Berbagai pengembangan telah dilakukan dalam Proyek Open Source Android, termasuk penambahan dukungan untuk memutar nada rekaman panggilan yang berulang setiap 15 detik. Nada frekuensi 1400 Hz dimainkan setiap 15 detik saat panggilan sedang direkam.
 
 
Kemudian nada tersebut akan ditambahkan ke aliran audio keluar sehingga lawan bicara dapat memahami bahwa panggilan tersebut sedang direkam. Dengan cara tersebut, fitur Android P dapat memenuhi persyaratan kepatuhan terhadap peraturan.
 
Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, cara tersebut mungkin tidak diperlukan di semua pasar karena peraturan kepatuhan tiap negara berbeda. Itu mungkin mengapa terdapat pilihan bagi operator untuk mengatur apa mereka ingin menonaktifkan nada atau tidak,
 
Di sisi lain, jika Google membuka fitur ini untuk pengembangan aplikasi karena komitmen tersebut tidak menyebutkan mengenai API publik, yakni media perantara interaksi antar perangkat lunak. Google akan mengungkapkan Android P pada konferensi I/O 2018 beberapa bulan kedepan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement