Kamis 09 Mar 2017 17:18 WIB

Pengguna Android Nougat Masih Minim

Rep: rizkyan adiyudha/ Red: Winda Destiana Putri
Android Nougat.
Foto: Digitaltrends
Android Nougat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna telepon pintar terus bertambah setiap tahun. Terakhir pada September 2015, pengguna ponsel pintar berjumlah sekitar 1,4 miliar. Meski terbilang banyak, sayangnya tidak semua perangkat tersebut menggunakan besutan OS Android Nougat.

Dilansir dari laman Digitaltrends, Rabu (8/3) Nougat baru digunakan sekitar 2,4 persen dari keseluruhan pengguna ponsel Android 7.0. Sementara Nougat 7.1 baru dipakai 0,4 persen penggua. Namun, angka itu meningkat 1,6 persen dibandingkan Februari kemarin. 

Berdasarkan data yang dimiliki Google, Android Marshmallow menjadi OS tervaforit yang dipakai pengguna. Tercatat sekitar 31,3 persen pemakai Andorid menggunakan OS tersebut. Catatan terbaik dimiliki Android Lollipop dengan 32.5 percent pengguna.

Google terus berusaha agar pengguna OS Nougat terus meningkat. Ini diupayakan melalui perbaruan OS dari sisi keamanan setiap bulan. Sayangnya, hal itu hanya menyentuh ponsel Pixel, Nexus atau Android One devices dan belum ke ponsel lain yang hanya menggunakan OS saja.

Meski demikian, pengguna OS Nougat diprediksi akan terus meningkat. Ini menyusul perusahaan ponsel yang berupaya menyarankan pengguna untuk memakai update OS terbaru.

Kondisi berbeda didapat kompetitor Android, yakni iOS. Tidak seperti Andorid, pengguna iOS cenderung meng-update software perangkat lunak mereka ke versi terbaru. Tercatat, hampir 80 persen pengguna sudah meakai iOS versi 10.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement