Jumat 19 Jan 2018 15:17 WIB

Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Raksasa 120 Juta Tahun

Para ahli membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyusun kerangka dinosaurus raksasa yang unik ini.

Fosil dinosaurus rakasa.
Foto: sputniknews
Fosil dinosaurus rakasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan fosil dinosaurus raksasa. Dinosaurus ini diperkirakan hidup di bumi 120 juta tahun yang lalu. Tim palaeontologi Tomsk State University di Siberia menemukan genus dinosaurus baru selama penggalian di tepi sungai di sebuah desa di Siberia Barat.

"Ini adalah jenis sauropoda yang telah diberi nama ilmiah di Rusia dan juga dalah satu bentuk titanosaurus tertua yang ditemukan di Asia. Kita menyebutnya Sibirotitan astrosacralis untuk ukuran dan struktur tulang khususnya," ujar tim peneliti, dilansir dari Sputniknews.

Ilmuwan Temukan Gua Bawah Laut Terpanjang di Dunia

Sibirotitan termasuk ke dalam kelompok dinosaurus raksasa atau sauropoda. Ilmuwan mengatakan dinosaurus yang ditemukan ini bahkan bukan yang terbesar dalam jenis ini. Beratnya diperkirakan sekitar 10 ton dan panjangnya sekitar 12 meter.

Para ilmuwan mampu memberikan gambaran lengkap tentang spesies yang baru ditemukan ini berdasarkan gigi, lima tulang belakang dan bagian lengkungan saraf tulang belakang

yang ditemukan di berbagai tempat di dekat desa Shestakovo di daerah Kemerovo di Siberia. Fosil tersebut saat ini dipajang di Tomsk State University. Para ahli membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyusun kerangka dinosaurus raksasa yang unik ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement