Kamis 19 Nov 2020 11:59 WIB

Fosil Dinosaurus ‘Berduel’ Disumbangkan ke Museum

Fosil dinosaurus lama menjadi perselisihan tentang siapa yang berhak memilikinya.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Fosil kerangka dari dinosaurus yang tampak seperti sedang berduel dengan posisi berdempetan.
Foto: phys
Fosil kerangka dari dinosaurus yang tampak seperti sedang berduel dengan posisi berdempetan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fosil kerangka dari dinosaurus yang tampak seperti sedang berduel dengan posisi berdempetan, sebelum kematian telah disumbangkan ke museum di North Carolina, Amerika Serikat (AS). Menurut organisasi nirlaba  Friends of the North Carolina Museum of Natural Sciences pada Selasa (17/11) bahwa mereka memperoleh fosil hewan dengan dana pribadi.

Fosil tersebut akan dihadiahkan untuk koleksi paleontologi vertebrata museum Raleigh. Kedua dinosaurus yang menjadi kerangka merupakan  jenis Tyrannosaurus rex dan Triceratops horridus. Keduanya telah terkubur bersama sekitar 67 juta tahun yang lalu.

Baca Juga

Fosil kedua hewan purba tersebut ditemukan di lereng bukit Montana dan tetap terkubur dalam lapisan sedimen. Menurut Friends of the North Carolina Museum of Natural Sciences, pelestarian secara berbeda akan memberikan kesempatan bagi ahli paleontologi di museum yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melakukan penelitian dan studi lebih lanjut.

Kerangka dari dua dinosaurus tersebut bernilai jutaan dolar dan telah menjadi subjek perselisihan yang dibawa ke pengadilan untuk menentukan pihak yang berhak memilikinya setelah ditemukan  pada 2006. Pada Juni, pengadilan banding AS memutuskan bahwa fosil tersebut adalah milik dari pemilik hak atas permukaan tanah, bukan pemilik dari hak atas mineral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement