Kamis 21 Dec 2017 13:17 WIB

Ayooo... Liburan ke Kampung Matematika Bogor

Red: EH Ismail
Kampung Matematika.
Foto: Dokumentasi KPM.
Kampung Matematika.

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan akhir semester tahun ajaran 2017/2018 telah tiba. Bukan hanya siswa yang berlibur. Guru pun turut menikmati suasana liburan. Sebanyak 23 guru yang tergabung dalam MGMP Matematika Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur II, memanfaatkan kesempatan liburan akhir semester dengan berkunjung ke Kampung Matematika Bogor. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Program Kompetensi Guru Matematika yang dilaksanakan pada Rabu (20/12).

Kedatangan para guru di Kampung Matematika disambut hangat dan ceria oleh para warga sekitar serta anak-anak. Pada saat bersamaan, anak-anak sedang mengikuti “Fun Math and Science”.

Instruktur Utama, Dwi Samto, mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran tim MGMP Matematika dari Jakarta. Selama kegiatan berlangsung, para guru dikenalkan cara interaktif dan komunikatif belajar matematika melalui permainan yang unik dan menarik bersama anak-anak dari kampung matematika.

Terlihat sejumlah guru begitu menikmati saat bermain roda berhitung dan balapan balon. Bahkan, anak-anak pun semakin bersemangat karena suasana begitu menyenangkan.

Kemudian, Dwi berharap semoga acara hari ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru untuk semakin termotivasi dalam memberikan pembelajaran matematika kepada anak. “Karena sesungguhnya belajar akan semakin berkesan jika diawali dengan hal menyenangkan,” kata Dwi.

Selain itu, kegiatan yang dimulai pada pukul 10.30-12.00 WIB membuat Rosnani selaku Kepala Sekolah SMPN 251 Jakarta, angkat suara. “Kegiatan ini sangat berkesan untuk kami. Meskipun diterapkan secara sederhana, namun pelaksanaanya sangat menarik. Saya berharap program ini dapat segera ditularkan ke berbagai sekolah dan rumah,” kata dia.

Setelah bermain dan belajar bersama di Kampung Matematika, tim MGMP menutup akhir kegiatannya dengan berkunjung ke Toko Jarang Untung. Di tempat ini para peserta dapat membeli aneka buah tangan berupa kerajinan, makanan atau snack, permainan unik, dan cenderamata lainnya untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Guru Matematika SMP Islam PB Soedirman, Riky Irawan, menyatakan, keunikan dari toko ini terletak pada filosofinya, yakni gotong royong. “Baru kali ini saya mendapati ada toko yang menjualkan produk dengan harga modal, lalu setiap pengunjung boleh memberikan keuntungan seikhlasnya (sesuai kemampuan). Kami cukup bangga dan senang karena dengan adanya toko ini dapat membantu sektor UMKM dan memotivasi para warga sekitar untuk melakukan inovasi produknya masing-masing,” kata Riky.

Nah, kamu mau melihat langsung semua yang dialami Tim MGMP Matematika Pasar Rebo? Ayoo... Jangan malu-malu isi liburan dengan berkunjung ke Kampung Matematika Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement