Ahad 21 May 2017 09:09 WIB

Aplikasi Fidget Spinner Dinilai tak Berguna

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Fidget Spinner
Foto: Mashable
Fidget Spinner

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa minggu semenjak kemunculannya, fidget spinner langsung menjadi perbincangan di berbagai kalangan. Spinner pengurang kecemasan ini pun dalam waktu singkat menjadi 'barang wajib' yang dimiliki oleh banyak orang.

Kepopuleran fidget spinner ternyata juga mencuri para pengembang game untuk membuat fidget spinner virtual. Berangkat dari ide ini, fidget spinner pun 'disulap' menjadi permainan aplikasi untuk iOS bernama serupa yaitu Fidget Spinner.

Aplikasi Fidget Spinner memungkinkan pengguna iPhone untuk memutar fidget spinner virtual dengan melakukan swipe pada layar. Pengguna iPhone memiliki kesempatan lima kali swipe untuk membuat fidget spinner virtual berputar sebanyak-banyaknya. Setelah lima kali melakukan swipe, pengguna harus berhenti sejenak untuk mengumpulkan koin yang mereka dapat.

Pengguna memperoleh koin berdasarkan seberapa banyak putaran fidget spinner virtual yang mereka raih. Koin-koin ini nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan status spinner hingga membuka banyak pilihan spinner baru dengan tampilan yang beragam.

Keberadaan aplikasi Fidget Spinner mendapat respon kurang baik dari beberapa kalangan. Selain tidak menarik dan menantang sebagai game, aplikasi Fidget Spinner juga dinilai mengabaikan fungsi utama dari fidget spinner yang sesungguhnya.

Alat fidget spinner pada dasarnya berfungsi untuk meningkatkan fokus, menurunkan kecemasan sekaligus mengurangi kecenderungan kegelisahan pada penggunanya. Bentuknya yang kecil dan sederhana membuat alat fidget spinner dapat ditemui dengan mudah di sekolah hingga perkantoran.

"Anda tidak dapat merasakannya berputar, Anda tidak bisa menghentikan putarannya, Anda bahkan tidak bisa memutarnya sebanyak yang Anda inginkan (jika menggunakan aplikasi Fidget Spinner)," ungkap salah satu pemerhati game Kellen Beck seperti dilansir Mashable.

Jika memerlukan fidget spinner, Beck menilai lebih baik membeli alat fidget spinner dibandingkan memainkannya secara virtual melalui aplikasi. Selain mudah didapatkan, alat fidget spinner juga dapat mengurangi kecemasan tidak seperti permainan virtualnya.

"(Aplikasi Fidget Spinner) benar-benar melupakan poin utama dari fidget spinner," terang Beck.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement