Jumat 28 Apr 2017 21:47 WIB

Kapolri Luncurkan Aplikasi Polisi Wong Kito di Polda Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman
Kapolri (tengah) memegang handphone pada peluncuran aplikasi Polisi Wong Kito.
Foto: Humas Pemprov Sumsel
Kapolri (tengah) memegang handphone pada peluncuran aplikasi Polisi Wong Kito.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Kepolisian daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) kini memiliki aplikasi layanan online yang diberi nama “Polisi Wong Kito.” Aplikasi pelayanan masyarakat berbasis online tersebut langsung diluncukan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian di markas Polda Sumsel, Jumat (28/4).

Pada acara peluncuran yang disaksikan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Ketua Ombudsman Amzulian Rifai, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas, Kapolri Tito Karnavian menjelaskan, melalui aplikasi sistem layanan online tersebut, masyarakat dapat menggunakan telepon seluler androidnya memanfaatkan fitur layanan yang ada di Polri.

“Seperti layanan inofrmasi lalu lintas, surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK online, keluhan pelayanan, info SDM, Binmas, berita seputar kegiatan polda dan jajarannya, informasi mengenai tempat penting, pelaporan masyarakat, dan pelayanan kepolisian bersifat darurat,” ujar jenderal polisi kelahiran Sumsel ini.

Menurut Kapolri, penerapan sistem layanan masyarakat berbasis online “Polisi Wong Kito” bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat mengakses layanan Polri termasuk melaporkan hal-hal pelanggaran yang dilakukan anggota Polri di 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

Sementara itu Kapolda Sumsel Agung Budi Maryoto menjelaskan, aplikasi “Polisi Wong Kito” merupakan aplikasi berbasis mobile yang dibuat Polda Sumsel sebagai manifestasi pelayanan lebih mudah kepada masyarakat. “Layanan berbasis teknologi informasi ini mendukung 11 program prioritas Kapolri menuju polisi yang profesional, modern, dan terpercaya, serta sebagai wadah perpolisian masyarakat Sumsel,” kata jenderal polisi bintang dua tersebut.

Gubernur Alex Noerdin yang hadir pada peluncuran “Polisi Wong Kito” menyampaikan ucapan selamat kepada Polda Sumsel yang sudah meluncurkan aplikasi android Panic Button pertama di Indonesia. “Ini sangat menggembirakan karena kita menuju polisi yang profesional, metropolitan, berstandar internasional karena Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selamat kepada Polda Sumsel, selamat kepada Polri,” ujarnya.

Menurut Kapolda Sumsel sejak adanya aplikasi “Polisi Wong Kito” sudah ada sekitar 10 ribu pengguna ponsel yang mengunduh aplikasi tersebut. “Aplikasi Polisi Wong Kito sangat mudah diunduh dengan semua ponsel berbasis Android melalui playstore. Didalam aplikasi ini ada 11 fitur layanan publik,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement