Jumat 16 Jun 2023 14:03 WIB

Waspadalah, Google Hapus Belasan Aplikasi Spyware Android, Ini Daftarnya

Ternyata banyak spyware ditemukan di aplikasi populer.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Peneliti keamanan Dr Web baru-baru ini menemukan spyware baru di beberapa aplikasi Android. (ilustras)
Foto: PxHere
Peneliti keamanan Dr Web baru-baru ini menemukan spyware baru di beberapa aplikasi Android. (ilustras)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Peneliti keamanan Dr Web baru-baru ini menemukan spyware baru di beberapa aplikasi Android. Banyak dari aplikasi ini adalah aplikasi populer dan sebelumnya ada di Google Play Store. Disebut 'SpinOk' modul spyware, itu mencuri data pribadi yang disimpan di perangkat pengguna dan mengirimkannya ke server jarak jauh.

“Di permukaan, modul SpinOk dirancang untuk menjaga minat pengguna pada aplikasi dengan bantuan mini game, sistem tugas, dan dugaan hadiah dan gambar hadiah,” kata laporan Dr. Web melansir dari GadgetsNow, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga

Namun, di latar belakang, aplikasi itu melacak semua aktivitas pengguna. Dr. Web mengklaim bahwa spyware ditemukan di 101 aplikasi Android yang diunduh dengan total kumulatif 421.290.300 kali dari Google Play Store.

Meskipun Google telah menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, ternyata itu harus dihapus dari ponsel pengguna juga jika sudah diunduh. Berikut adalah 14 aplikasi yang paling banyak diunduh:

 

1. Noizz: video editor with music

Aplikasi ini telah melampaui 100 juta kali unduhan di Google Play Store. Seperti namanya, aplikasi ini menawarkan berbagai alat dan fitur pengeditan. Aplikasi ini juga menjanjikan untuk menawarkan filter, efek, dan musik terbaik dengan bantuan algoritme AI-nya.

 

2. Zapya – file transfer, share

Aplikasi ini mengklaim menawarkan transfer file yang mudah ke berbagai platform. Dengan lebih dari 100 juta kali unduhan, aplikasi ini memungkinkan pengguna mentransfer file dari perangkat apa pun yang memiliki browser web.

 

3. VFly: video editor & video maker

Dengan lebih dari 50 juta kali unduhan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit video mereka dan menambahkan berbagai efek khusus ke dalamnya.

 

4. MVBit – MV video status maker

Aplikasi pengeditan video menawarkan beberapa alat pengeditan dan memiliki lebih dari 50 juta kali unduhan.

 

5. Biugo – video maker & video editor

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video yang menyenangkan dan multi-tema. Pengguna juga dapat mengedit video mereka menggunakan template dan efek ajaib. Aplikasi ini memiliki sekitar 50 juta kali unduhan.

 

6. Crazy Drop

Ini adalah game adiktif yang terdiri dari papan dengan banyak pasak dan rintangan. Aplikasi ini memiliki total 10 juta kali unduhan.

 

7. Cashzine – earn money reward

Aplikasi ini memiliki 10 juta kali unduhan dan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hadiah koin emas dengan membaca artikel dan novel di aplikasi. Koin emas ini dapat dengan cepat ditukar dengan uang tunai melalui metode pembayaran seperti PayPal dan GCash.

 

8. Fizzo Novel – reading offline

Aplikasi baca offline ini menawarkan beragam koleksi novel dan cerita. Aplikasi ini memiliki 10 juta kali unduhan.

 

9. CashEM: get rewards

Dengan lebih dari lima juta kali unduhan, aplikasi ini memungkinkan pengguna memperoleh koin dan mengubahnya menjadi hadiah nyata dengan memainkan game sederhana.

 

10. Tick: watch to earn

Aplikasi ini memberikan hadiah kepada pengguna untuk menonton video di aplikasi. Aplikasi ini memiliki lima juta kali unduhan.

 

11. Vibe Tik

Vibe Tik adalah aplikasi video pendek yang menawarkan koleksi berbagai jenis video.

 

12. Mission Guru: brain boost

Ini adalah aplikasi pelatihan otak yang menawarkan banyak permainan dan teka-teki yang menantang.

 

13. Lucky Jackpot Pusher

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mendapatkan koin dengan bermain game.

 

14. Domino Master

Aplikasi game memungkinkan pengguna bermain domino online dengan dua atau empat pemain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement