Kamis 08 Jun 2023 12:00 WIB

Ini Daftar Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Curi Data dan Mata-matai Pengguna

Banyak aplikasi sangat populer yang memiliki kemampuan memata-matai pengguna.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sekitar 100 aplikasi Android telah terinfeksi spyware ganas/ilustrasi
Foto: Piqsels
Sekitar 100 aplikasi Android telah terinfeksi spyware ganas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ada peringatan Android baru dan ini bisa menjadi salah satu yang paling serius yang pernah ada. Pakar keamanan dunia maya, Dr Web, mengatakan mereka telah menemukan banyak aplikasi yang sangat populer yang memiliki kemampuan untuk memata-matai pengguna dan mencuri data yang sangat pribadi.

Apa yang membuat peringatan terbaru ini begitu menakutkan adalah aplikasi ini telah diunduh jutaan orang. Menurut Dr Web, diperkirakan sekitar 100 aplikasi Android telah terinfeksi spyware ganas dengan mereka menginstal sebanyak 400 juta kali. Itu salah satu serangan terbesar yang pernah dilihat.

Baca Juga

Setelah bug, bernama SpinOK, dijatuhkan ke perangkat, ia dapat mulai mencuri data yang kemudian dikirim langsung ke server yang dikendalikan oleh penjahat cyber.

Saat ini tidak jelas apakah pengembang aplikasi yang terinfeksi tahu bahwa produk mereka telah penuh dengan spyware, tetapi Google tidak bertahan dengan banyak yang langsung dihapus dari Play Store-nya. Bahkan yang masih tersedia untuk diunduh hampir pasti telah diperbarui sehingga sangat penting bagi pengguna untuk memeriksa daftar lengkap untuk melihat apakah perangkat mereka mungkin telah disusupi.

Jika Anda merasa telah menginstal salah satu aplikasi yang dinamai oleh Dr Web, sebaiknya hapus saja atau periksa untuk melihat apakah ada pembaruan terkini. Berikut adalah beberapa aplikasi yang terpengaruh oleh bug SpinOK, seperti dilansir dari laman Mirror, Kamis (8/6/2023).

1. Noizz: editor video dengan musik - Diunduh 100 juta kali

2. Zapya - File Transfer, Share - Diunduh 100 juta kali

3. vFly: editor video dan pembuat video - Diunduh 50 juta kali

4. MVBit - Pembuat status video MV - Diunduh 50 juta kali

5. Biugo - pembuat video dan editor video - Diunduh 50 juta kali

6. Crazy Drop - Diunduh 10 juta kali

7. Cashzine -  Diunduh 10 juta kali

8. Fizzo Novel - Reading Offline - Diunduh 10 juta kali

9. CashEM: Get Rewards - Diunduh 5 juta kali

10. Tick: Diunduh 5 juta kali

 

Dr Web mengatakan mereka menemukan modul perangkat lunak Android dengan fungsi spyware. Ia mengumpulkan informasi tentang file yang disimpan di perangkat dan mampu mentransfernya ke aktor jahat.

"Itu juga dapat mengganti dan mengunggah konten clipboard ke server jarak jauh. Dijuluki Android.Spy.SpinOk sesuai dengan klasifikasi Dr.Web, modul ini didistribusikan sebagai SDK pemasaran. Pengembang dapat menyematkannya ke semua jenis aplikasi dan game, termasuk yang tersedia di Google Play."

Cara menghapus aplikasi dari ponsel Anda

  • Buka aplikasi Google Play Store .
  • Di kanan atas, ketuk ikon profil.
  • Ketuk Manage aplikasi dan perangkat. 
  • Manage.
  • Ketuk nama aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk Uninstall pemasangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement